PENGARUH IMPLEMENTASI PROJEK PENGUATAN PROFIL PELAJAR PANCASILA TERHADAP PENINGKATAN KARAKTER SISWA KELAS IV SDIT SAMAWA CENDEKIA

Penulis

  • Galih Trio Raharjo Universitas Teknologi Sumbawa
  • Umar Universitas Teknologi Sumbawa
  • Najamudin Universitas Teknologi Sumbawa

Kata Kunci:

P5, Peningkatan Karakter Siswa

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui ada tidaknya pengaruh implementasi
projek penguatan profil pelajar Pancasila terhadap karakter siswa kelas IV SDIT
Samawa Cendekia Kabupaten Sumbawa. Penelitian expostfacto ini menggunakan
desain causal research atau penelitian sebab akibat dengan pendekatan kuantitatif.
Desain ini melibatkan tindakan pengumpulan data guna mengetahui dan menentukan
adanya pengaruh yang ditimbulkan oleh satu variabel bebas terhadap variabel
terikat. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas IV SDIT Samawa
Cendekia Kabupaten Sumbawa tahun ajaran 2022/2023 yang terdiri dari enam kelas
dengan jumlah total 150 siswa. Dalam penelitian ini, teknik pengambilan sampel
dilakukan dengan cara Proportionate Stratefied Random Sampling. Analisa data
dalam penelitian ini adalah analisis inferensial dengan menggunakan teknik analisis
korelasi digunakan untuk menguji hipotesis. Hasil penelitian diketahui bahwa:
terdapat pengaruh implementasi P5 terhadap karakter siswa kelas IV SDIT Samawa
Cendekia Kabupaten Sumbawa. Hal tersebut dapat terlihat dari nilai r = 0,621 yang
berada pada rentang “kuat”. Hal ini menjadi bukti ilmiah bahwa implementasi P5
sangat kuat dalam mempengaruhi karakter siswa kelas IV SDIT Samawa
Cendekia.

Unduhan

Diterbitkan

2023-08-07

Cara Mengutip

Raharjo, G. T., Umar, & Najamudin. (2023). PENGARUH IMPLEMENTASI PROJEK PENGUATAN PROFIL PELAJAR PANCASILA TERHADAP PENINGKATAN KARAKTER SISWA KELAS IV SDIT SAMAWA CENDEKIA. Prosiding Seminar Nasional Manajemen Inovasi, 6(002, August), 484–492. Diambil dari https://conference.uts.ac.id/index.php/SEMAI/article/view/823

Terbitan

Bagian

Seminar Nasional

Kategori

Artikel paling banyak dibaca berdasarkan penulis yang sama

<< < 1 2 3 > >> 
Loading...