INOVASI MODEL PEMBELAJARAN GURU PRODUKTIF BERBASIS KETELADANAN DALAM MENINGKATKAN MOTIVASI BERWIRAUSAHA BAGI SISWA SMK DI SUMBAWA BARAT
Kata Kunci:
Model Pembelajaran, Guru Produktif, Keteladanan, Motivasi, BerwirausahaAbstrak
Penelitian ini membahas tentang Inovasi Model Pembelajaran Guru Produktif Dalam Meningkatkan
Motivasi Berwirausaha Pada Siswa SMK di Kabupaten Sumbawa Barat. Tujuan penelitian ini terdiri
atas; 1) Untuk mengetahui bentuk keteladanan guru dalam menanamkan nilai-nilai kewirausahaan
kepada siswa, dan 2) Untuk mengetahui model pembelajaran berbasis keteladanan dalam
meningkatkan motivasi siswa untuk berwirausaha. Metode penelitian yang digunakan peneliti yaitu
metode deskriptif dengan pendekatan miks kualitatif dan kuantitatif. Penelitian dilaksanakan di SMKN
1 Taliwang dan SMKN 1 Seteluk Kabupaten Sumbawa Barat. Pengumpulan data kualitatif
menggunakan metode wawancara, dan dokumentasi sedangkan data kuantitatif menggunakan angket
yang diukur dengan metode skala likert. Selanjutnya, data kualitatif dianalisis dengan analisis tiga
prosedur kegiatan yaitu; reduksi data, penyajian data dan verifikasi data atau kesimpulan sedangkan
data kuantitatif dianalisis dengan analisis skala likert dan analisis deskriptif kuantitaif melalui program
SPSS-26. Hasil penelitian ditemukan bahwa 6 guru produktif (responden) telah melakukan model
pembelajaran dengan menanamkan nilai-nilai kewirausahaaan dengan cara 1). Memotivasi; 2).
Mempraktekkan; 3). Mengajak; dan 4). Mencontohkan (keteladanan). Adapun empat bentuk
keteladanan tersebut mendapat respon yang sangat tinggi oleh siswa SMKN 1 Taliwang sebanyak 95
responden dengan nilai respon rata-rata 46,7 yang berarti kategori sangat tinggi dan siswa SMKN 1
Seteluk sebanyak 38 responden dengan nilai respon rata-rata 47,5 yang berarti sangat tinggi.
Sehingga model pembelajaran guru produktif berbasis keteladanan yang diterapkan di SMKN 1
Taliwang dan SMKN 1 Seteluk sangat mempengaruhi motivasi atau semangat siswa untuk mau
berwirausaha.