ANALISIS PEMASARAN PEMERINTAH DAERAH KABUPATEN SUMBAWA DALAM MENINGKATKAN JUMLAH KUNJUNGAN WISATAWAN MELALUI MOTOR CROSS GRAND PRIX (MXGP) SAMOTA SUMBAWA 2022
Kata Kunci:
Stratrgi Pemasaran, Jumlah Kunjung Wisatawan, Motor Cross Grand Prix (MXGP)Abstrak
Motor Cross Grand Prix (MXGP) merupakan sebuah produk unggulan yang
mempunyai daya saing kuat untuk menciptakan one stop media marketing yang lengkap
sehingga akan menjadi pemicu dalam mendatangkan wisatawan ke Kabupaten Sumbawa.
Penelitian ini mengunakan metode penelitian kualitatif dengan responden penelitian yaitu
Pemerintah Daerah dan Pelaku Usaha Wisata serta Komunitas Pariwisata, lokasi penelitian
dilakukan di Kabupaten Sumbawa selaku tuan rumah pergelaran Event MX GP 2022.
Pemerintah Kabupaten Sumbawa membuka akses informasi dan melakukan promosi
secara maksimal kepada wisatawan, dan strategi yang ditempuh yakni, publisitas, iklan,
pameran pariwisata luar dan dalam daerah dan pemilihan media promosi yang digunakan
yaitu, media cetak, elektronik, media internet, ataupun pemasaran secara langsung. Selain itu
juga menjalin kerjasama dengan agen-agen luar daerah penyedia paket wisata dan
pemberdayaan komunitas Generasi Pesona Indonesia (GenPI) dalam promosi pariwisata
Sumbawa dan hasil jumlah kunjung wisatawan mengalami peningkatan di tahun 2022
sejumlah 32.609, dibandingkan tahun sebelumnya yaitu saat Covid-19.
Saran terkait penelitian yang dilakukan, dimana semua lapisan masyarakat sumbawa
harus mendukung dan menjaga sector keamanan karena kondusifitas daerah sangat
menentukan keberasil strategi pemasaran/promosi pariwisata guna meningkatkan jumlah
kunjung wisatawa, baik wisatawan mancanegara maupun wisatawan local.