HUBUNGAN TINGKAT PENGETAHUAN SISWA TERHADAP PERILAKU PERAWATAN KESEHATAN GIGI DAN MULUT PADA MURID SD DI WILAYAH PUSKESMASKECAMATAN SUMBAWA UNIT 1

Penulis

  • Renny Fitrayawati Universitas Teknologi Sumbawa
  • Ahmad Yamin Universitas Teknologi Sumbawa
  • Junaidi Universitas Teknologi Sumbawa

Kata Kunci:

Pengetahuan, Perilaku, Kebiasaan, Perawatan Kesehatan Gigi dan Mulut, Usia Sekolah

Abstrak

Pengetahuan tentang kesehatan gigi dan mulut di indonesih masih sangat kurang. Kurangnya pengetahuan masyarakat dalam merawat kesehatan gigi dan mulut merupakan masalah yang paling sering ditemui di Indonesia. Masalah kesehatan gigi dan mulut yang paling umum pada anak-anak adalah karies yaitu sebanyak 89,47% dan gingivitis sebanyak 21,05%. Karis gigi adalah salah satu gangguan kesehatan gigi.Karies disebabkan oleh sisa makanan yang melekat pada permukaan gigi yang dapat mengakibatkan kerusakan gigi. Dampaknya gigi menjadi kropos ,berlubang,bahkan patah sehingga mengakibatkan hilangnya daya kunyah. Tujuan penelitian ini untuk menganalisis pengetahuan dan perilaku perawatan kesehatan gigi dan mulut sehingga bisa di anaisis bagaimana hubungan antara keduanya. Desain penelitian disini menggunkan pendekatan cross sectional  dimana semua variabel bebas dan terikat diobservasi secara bersamaan,drngan menggunakan analisis univariate dan bivariate. Hasil dari penelitian ini secara keseluruhan tidak terdapat hubungan yang bermakna antara pengetahuan kesehatan gigi terhadap perilaku perawatan kesehatan gigi dan mulut ada siswa SD.

Unduhan

Diterbitkan

2024-07-11

Cara Mengutip

Fitrayawati, R., Yamin, A., & Junaidi. (2024). HUBUNGAN TINGKAT PENGETAHUAN SISWA TERHADAP PERILAKU PERAWATAN KESEHATAN GIGI DAN MULUT PADA MURID SD DI WILAYAH PUSKESMASKECAMATAN SUMBAWA UNIT 1. Prosiding Seminar Nasional Manajemen Inovasi, 8(002, July), 49–53. Diambil dari https://conference.uts.ac.id/index.php/SEMAI/article/view/1315

Terbitan

Bagian

Seminar Nasional

Kategori

Artikel paling banyak dibaca berdasarkan penulis yang sama

1 2 3 4 5 6 > >> 
Loading...