PENGARUH INTEGRASI PEMBELAJARAN TaRL BERDIFERENSIASI TERHADAP PENINGKATAN LITERASI SISWA

Penulis

  • Susanti Universitas Teknologi Sumbawa
  • Yolli Eka Putri Universitas Teknologi Sumbawa
  • Roni Hartono Universitas Teknologi Sumbawa

Kata Kunci:

Peningkatan Literasi, Integrasi TaRL Berdiferensiasi

Abstrak

Penelitian ini membahas tentang Pengaruh Integrasi Pembelajaran TaRL Berdiferensiasi terhadap Peningkatan Literasi Siswa Di SD Negeri Olat Rarang. Tujuan penelitian ini terdiri atas; 1. Untuk menjelaskan pengaruh pelaksanaan integrasi pembelajaran TaRL berdiferensiasi pada siswa kelas VI di SD Negeri Olat Rarang. 2. Untuk mengukur perubahan signifikan pengaruh pembelajaran integratif TaRL berdiferensiasi terhadap peningkatan literasi siswa kelas VI di SD Negeri Olat Rarang. 3. Untuk mengukur hasil yang diperoleh oleh siswa terhadap integrasi pembelajaran TaRL berdiferensiasi di kelas VI di SD Negeri Olat Rarang. Jenis penelitian ini yaitu Quasi Eksperimental desain Nonequivalent Control Group Design. Populasi penelitian ini yaitu semuanya siswa kelas VI berjumlah 58 siswa, terdiri dari 21 siswa laki-laki dan 37 siswa perempuan. Teknik pengambilan sampel menggunakan teknik sampling jenuh, yang menggunakan dua kelas, satu kelas sebagai kelas eksperimen (VIB) dan satu kelas yang lain sebagai kelas control (VIA). Metode pengumpulan data yaitu observasi, wawancara, angket atau kuisioner, dokumentasi. Data dianalisis dengan menggunakan SPSS. Hasil penelitian ditemukan bahwa menerapkan integrasi pembelajaran TaRL berdiferensiasi untuk meningkatkan literasi siswa. Karena proses pembelajaran sesuai minat dan bakat siswa, sehinga pembelajaran di kelas lebih menarik. Nilai Rata-rata kemampuan literasi siswa kelas VI SD Negeri Olat Rarang sebelum tergolong kategori cukup. Nilai rata-rata tingkat literasi siswa setelah mengintegrasikan pembelajaran TaRL berdiferensiasi meningkat, pada kelas eksperimen (VIB) dengan diperoleh peningkatan hasil literasi sebesar 28,24 dengan nilai rata-rata pretest = 43,48 dan nilai rata-rata postest = 71,72. Sedangkan pada kelas kontrol (VIA) diperoleh peningkatan literasi sebesar 13,76 dengan nilai rata-rata pretest = 41,13 dan nilai rata-rata postest = 71,72. Terdapat perbedaan yang signifikan antara peningkatan hasil liersi siswa kelas VIB (eksperiman) dengan siswa kelas VIA (kontrol). Sehingga dapat disimpulkan bahwa Peningkatan Literasi siswa Melalui Integrasi Pembelajaran TaRL Berdiferensiasi di SD Negeri Olat Rarang terdapat peningkatan setelah dilakukan eksperimen.

Unduhan

Diterbitkan

2024-01-09

Cara Mengutip

Susanti, Putri, Y. E., & Hartono, R. (2024). PENGARUH INTEGRASI PEMBELAJARAN TaRL BERDIFERENSIASI TERHADAP PENINGKATAN LITERASI SISWA . Prosiding Seminar Nasional Manajemen Inovasi, 7(001, January), 240–247. Diambil dari https://conference.uts.ac.id/index.php/SEMAI/article/view/1268

Terbitan

Bagian

Seminar Nasional

Kategori

Artikel paling banyak dibaca berdasarkan penulis yang sama

Loading...