PENGARUH KUALITAS PELAYANAN DAN EFEKTIVITAS APLIKASI LAYANAN ADMINISTRASI KEPENDUDUKAN TERHADAP KEPUASAN MASYARAKAT PADA DINAS KEPENDUDUKAN DAN PENCATATAN SIPIL KABUPATEN SUMBAWA

Penulis

  • Ersy Mevta Diantari Universitas Teknologi Sumbawa
  • Yolli Eka Putri Universitas Teknologi Sumbawa
  • Chairul Anam Afgani Universitas Teknologi Sumbawa

Kata Kunci:

Kualitas Pelayanan, Efektivitas Aplikasi, Kepuasan Masyarakat

Abstrak

Penelitian ini membahas tentang Pengaruh Kualitas Pelayanan Dan Efektivitas
Aplikasi Layanan Administrasi Kependudukan Terhadap Kepuasan Masyarakat Pada
Dinas Kependudukan Dan Pencatatan Sipil Kabupaten Sumbawa. Tujuan penelitian
ini terdiri atas; 1.untuk menganalisis pengaruh kualitas pelayanan aplikasi layanan
administrasi kependudukan terhadap kepuasan masyarakat pada Dinas
Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kabupaten Sumbawa. 2.untuk menganalisis
pengaruh efektivitas aplikasi layanan administrasi kependudukan terhadap kepuasan
masyarakat pada Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kabupaten Sumbawa.
3. untuk menganalisis seberapa besar pengaruh kualitas pelayanan dan efektivitas
aplikasi layanan administrasi kependudukan terhadap kepuasan masyarakat pada
Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kabupaten Sumbawa.
Metode penelitian deskriptif dan metode penelitian asosiatif dengan pendekatan
kuantitatif. Populasi penelitian ini yaitu masyarakat Kabupaten Sumbawa. Teknik
pengambilan sampel menggunakan probability sampling dengan jenis random
sampling yang dihitung menggunakan rumus slovin yakni 100 responden. Metode
pengumpulan data yaitu kuesioner. Data dianalisis dengan menggunakan skala likert.
Hasil penelitian ditemukan bahwa secara parsial, Kualitas Pelayanan dan
berpengaruh Efektivitas signifikan membentuk Kepuasan Masyarakat. Hasil analisis
data yang didapat pada uji F menunjukan bahwa ada pengaruh positif dan signifikan
antara Kualitas Pelayanan dan Efektivitas terhadap Kepuasan Masyarakat
Disdukcapil Kabupaten Sumbawa.
Berdasarkan temuan ini, disimpulkan bahwa peningkatan Kualitas Pelayanan dan
Efektivitas Aplikasi Layanan Administrasi Kependudukan dapat meningkatkan
Kepuasan Masyarakat. Oleh karena itu, disarankan kepada Dinas Kependudukan
dan Pencatatan Sipil Kabupaten Sumbawa untuk terus meningkatkan kualitas
pelayanan, termasuk peningkatan aksesibilitas aplikasi, kecepatan proses, akurasi
dan keamanan data.

Unduhan

Diterbitkan

2023-08-07

Cara Mengutip

Diantari, E. M., Putri, Y. E., & Afgani, C. A. (2023). PENGARUH KUALITAS PELAYANAN DAN EFEKTIVITAS APLIKASI LAYANAN ADMINISTRASI KEPENDUDUKAN TERHADAP KEPUASAN MASYARAKAT PADA DINAS KEPENDUDUKAN DAN PENCATATAN SIPIL KABUPATEN SUMBAWA . Prosiding Seminar Nasional Manajemen Inovasi, 6(002, August), 638–648. Diambil dari https://conference.uts.ac.id/index.php/SEMAI/article/view/838

Terbitan

Bagian

Seminar Nasional

Kategori

Loading...