PEMANFAATAN TEKNOLOGI DIGITAL SEBAGAI INOVASI PEMBELAJARAN KARAKTER PADA MATA PELAJARAN PENDIDIKAN PANCASILA SISWA SEKOLAH DASAR
Kata Kunci:
Pemanfaatan Teknologi Digital, Pembelajaran KarakterAbstrak
Penelitian ini dilatarbelakangi kurangnya kesadaran tentang karakter siswa sekolah dasar terlihat dari berbagai perilaku siswa saat pembelajaran diantaranya sebagian siswa ada yang tidak jujur, kurang bertanggungjawab, memiliki perilaku yang kurang terpuji dengan mengucapkan perkataan kasar yang viral di media sosial, terdapat sebagian siswa yang bersikap kurang sopan dan kedisiplinan siswa rendah serta melakukan perundungan. Hal ini perlu ditindaklanjuti dengan pemberian pemahaman kepada siswa terutama pada mata pelajaran pendidikan pancasila khususnya di SDN Olat Rarang dengan mempraktikkannya dalam lingkungan sekolah dan masyarakat. Oleh karena itu tujuan penelitian ini untuk menganalisis langkah-langkah dan pengaruh pemanfaatan media digital sebagai inovasi pembelajaran karakter pada mata pelajaran pendidikan pancasila siswa sekolah dasar dengan metode penelitian berpola one group pretest-postest design. Instrument penelitian yang digunakan adalah wawancara dan angket pembelajaran karakter siswa yang telah diuji validitas dan reliabilitas untuk mendapat alat ukur yang sahih dan reliable. Untuk menganalisis pengaruh pemanfaatan media digital dalam meningkatkan pembelajaran karakter siswa menggunakan anaisis paired sample t test melalui aplikasi SPSS 22 dengan perolehan nilai signifikansi (2-tailed) sebesar 0.016 lebih kecil dari signifikansi tabel (0.05) sehingga dapat disimpulkan bahwa Ha diterima dan Ho ditolak. Dengan demikian terdapat perbedaan rata-rata nilai pretest dan posttest terhadap pembelajaran karakter siswa sekolah dasar melalu pemanfaatan media digital. Kesimpulan dari penelitian ini adalah guru telah memanfaatkan media teknologi digital dalam pembelajaran pendidikan pancasia siswa sekolah dasar dengan nilai karakter yang dikembangkan diantaranya mandiri dan kerja keras, kejujuran, sikap santun ketika menjawab salam guru, nilai kreatif ketika siswa mampu mempresentasi hasil tugasnya, dan nilai tanggungjawab ketika siswa mampu mengumpulkan tugas tepat waktu serta terdapat pengaruh pemanfaatan media digital dalam meningkatkan pembelajaran karakter pada mata pelajaran pendidikan pancasila siswa sekolah dasar.