PENERAPAN MEDIA PEMBELAJARAN INTERAKTIF BERBASIS TEKNOLOGI PADA MATA PELAJARAN IPA UNTUK MENINGKATKAN KOMPETENSI SISWA SEKOLAH DASAR

Penulis

  • Ary Nofianty Universitas Teknologi Sumbawa
  • Chairul Hudaya Universitas Teknologi Sumbawa
  • Nova Adhitya Ananda Universitas Teknologi Sumbawa

Kata Kunci:

Media Interaktif Berbasis Teknologi, Kompetensi Peserta Didik

Abstrak

Rendahnya kompetensi peserta didik dalam pembelajaran IPA khususnya di SDN 1 Labuhan Sumbawa disebabkan metode konvensional yang dilaksanakan guru dalam pembelajaran berjalan monoton dan belum mampu mengembangkan kemampuan kreatif, dan daya berpikir kritis peserta didik. Dengan demikian diperlukan inovasi dalam merancang dan melaksanakan pembelajaran yang efektif untuk mencapai tujuan pembelajaran yang bermakna dan menarik bagi peserta didik. Pembelajaran akan berhasil apabila terjadi proses mengajar dan proses belajar yang harmoni. Proses belajar mengajar tidak dapat berlangsung hanya dalam satu arah, melainkan dari berbagai arah (multiarah) sehingga memungkinkan siswa untuk belajar dari berbagai sumber belajar yang ada. Oleh karena itu penelitian ini bertujuan untuk menganalisis langkah-langkah dan pengaruh penerapan media berbasis teknologi dapat meningkatkan kompetensi peserta didik. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah mixed method (campuran kuantitatif dan kualitatif) dengan desain penelitian berpola nonequivalent control group design. Instrument penelitian yang digunakan adalah tes, pedoman penilaian keterampilan dan pedoman penilaian sikap siswa dalam pembelajaran. Tes digunakan sebagai alat ukur yang telah diuji validitas, reliabilitas, tingkat kesulitan soal dan daya beda soal. Untuk menganalisis penggaruh penerapan media berbasis teknologi dalam meningkatkan kompetensi peserta didik menggunakan analisis paired sampel t- test melalui aplikasi spss 22 dengan perolehan nilai signifikansi (2-tailed) sebesar 0.000 lebih kecil dari signifikansi hitung (0.05) dapat disimpulkan bahwa Ha diterima dan Ho ditolak sehingga terdapat perbedaan rata-rata nilai pretest dan posttest terhadap peningkatan kompetensi peserta didik melalui penerapan media berbasis teknologi artinya terjadi peningkatan kompetensi peserta didik sebelum dan sesudah penerapan media berbasis teknologi dalam pembelajaran IPA. Kesimpulan bahwa penerapan media berbasis teknologi dalam pembelajaran berpengaruh dalam meningkatkan kompetensi peserta didik sekolah dasar.

Unduhan

Diterbitkan

2024-01-09

Cara Mengutip

Nofianty, A., Hudaya, C., & Ananda, N. A. (2024). PENERAPAN MEDIA PEMBELAJARAN INTERAKTIF BERBASIS TEKNOLOGI PADA MATA PELAJARAN IPA UNTUK MENINGKATKAN KOMPETENSI SISWA SEKOLAH DASAR. Prosiding Seminar Nasional Manajemen Inovasi, 7(001, January), 397–404. Diambil dari https://conference.uts.ac.id/index.php/SEMAI/article/view/1302

Terbitan

Bagian

Seminar Nasional

Kategori

Artikel paling banyak dibaca berdasarkan penulis yang sama

1 2 3 > >> 
Loading...