PENGARUH PROGRAM DANA BANTUAN OPERASIONAL SEKOLAH (BOS) DAN PENGARUH PENDAPATAN ORANG TUA TERHADAP PRESTASI BELAJAR SISWA KELAS XI MULTIMEDIA PADA SMK NEGERI 3 SUMBAWA BESAR
Kata Kunci:
Influence, School Operational Assistance Fund (BOS) Program, Parents' income, Student AchievementAbstrak
Penelitian ini membahas Pengaruh Program Dana Bantuan Operasional Sekolah (BOS) dan
Pendaparan Orangtua terhadap Prestasi Belajar Siswa Kelas XI Multimedia SMK Negeri 3 Sumbawa
Besar. Program Bantuan Operasional Sekolah (BOS) merupakan salah satu indikator pendukung
terciptanya lulusan berkualitas dan berdaya saing tinggi yang siap kerja, berkarir dan berkompetensi
ke dalam dunia usaha dan dunia industri. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui seberapa
besar pengaruh Dana Bantuan Operasional Sekolah (BOS) dan Pendapatan Orangtua Terhadap
Prestasi belajar siswa Kelas XI Multimedia SMK Negeri 3 Sumbawa Besar. Metode yang digunakan
dalam penelitian ini adalah metode kuantitatif, dengan menggunakan sampel penelitian jenuh (
saturated sampling), dengan populasi seluruh siswa di kelas XI Multimedia SMK Negeri 3 Sumbawa
Besar. Dokumentasi dan kuesioner digunakan sebagai teknik pengumpulan data. Analisis data
menggunakan Uji Korelasi Berganda, Uji F dan Uji T. Dari penelitian ini diperoleh kesimpulan bahwa
terdapat pengaruh Program Dana BOS dan pendapatan orangtua terhadap prestasi belajar siswa
kelas XI Multimedia SMK Negeri 3 Sumbawa Besar. Hasil analisa data dari hasil uji t sebesar 7,300
dengan signifikan 0.000 yg dimana signifikansi < dari alpha (0.05) dapat disimpulkan bahwa Dana
BOS berpengaruh positif dan signifikan terhadap prestasi belajar siswa kelas XI Multimedia SMKN 3
Sumbawa. Sedangkan untuk pendapatan orangtua, berdasarkan uji t sebesar 0.714 dg nilai
signifikasi 0,481 dan > 0.05, disimpulkan bahwa pendapatan orangtua tidak berpengaruh secara
signifikan terhadap prestasi belajar siswa kelas XI Multimedia SMKN 3 Sumbawa. Selanjutnya bahwa
berdasar uji analisis menunjukkan bahwa ada pengaruh dan korelasi antara Dana BOS dengan
pendapatan orangtua terhadap prestasi belajar siswa dengan koefisien R=0.807 dan berada pada
interval 0,80-1,00. yang artinya memiliki tk.pengaruh sangat kuat, dan dapat disiimpulkan bahwa
variabel ini sangat berpengaruh terhadap prestasi belajar siswa.