PENGARUH PENGGUNAAN MEDIA PEMBELAJARAN POWERPOINT TERHADAP PENINGKATAN MOTIVASI DAN HASIL BELAJAR BAHASA INGGRIS
Kata Kunci:
Media Powerpoint, Hasil Belajar, Motivasi, Menulis TextAbstrak
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: 1) bagaimana hasil belajar siswa, 2) motivasi siswa, 3)
bagaimana pengaruh penggunaan media powerpoint terhadap hasil belajar siswa, dan 4) bagaimana
pengaruh penggunaan media powerpoint terhadap motivasi siswa kelas VIII dalam pembelajaran menulis
Teks Recount di SMPN 1 Lunyuk. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen dengan pendekatan
kuantitatif. Desain eksperimen yang digunakan adalah pretest-postest control group design. Perlakuan
yang diberikan adalah pembelajaran menggunakan media powerpoint. Data hasil belajar diperoleh melalui
tes hasil belajar, sedangkan motivasi siswa diukur menggunakan angket. Data yang diperoleh kemudian
dianalisis menggunakan statistik deskriptif dan uji t sampel independen. Hasil analisis menunjukkan
bahwa: 1) Terjadi peningkatan hasil belajar siswa pada kelompok eksperimen yaitu dari 49,19 menjadi
73,22. Sedangkan di kelompok kontrol, hasil belajar cenderung tidak berubah secara bermakna, yaitu
43,22 menjadi 39,96; 2) Terjadi peningkatan motivasi belajar siswa kelompok eksperimen setelah
diberikan pembelajaran menggunakan media powerpoint, yaitu dari 97,63 menjadi 101,44. Motivasi belajar
siswa kelompok kontrol relatif stabil, yaitu 96,67 pada saat pretest sedikit meningkat menjadi 98,92 pada
postest; 3) Hasil uji t sampel independen memberikan nilai t-hitung sebesar 7,463 dengan taraf signifikansi
0,000, yang berarti bahwa penggunaan media powerpoint berpengaruh signifikan terhadap hasil belajar
siswa dalam mata pelajaran Bahasa Inggris; dan 4) Hasil pengujian hipotesis kedua memberikan nilai t-
hitung sebesar 2,345 dengan taraf signifikansi 0,023, yang berarti bahwa penggunaan media powerpoint
berpengaruh signifikan terhadap motivasi belajar siswa dalam mata pelajaran Bahasa Inggris.