IMPLEMENTASI PENDIDIKAN KARAKTER DALAM PENINGKATAN KECERDASAN EMOSIONAL, KECERDASAN SPIRITUAL DAN KECERDASAN INTELEKTUAL PADA SISWA SMPN 5 MOYO HILIR
Kata Kunci:
Pendidikan Karakter, Kecerdasan Emosional, Kecerdasan Spiritual, Kecerdasan IntelektualAbstrak
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui implementasi Pendidikan karakter dalam peningkatan kecerdasan emosional, kecerdasan spiritual dan kecerdasan Intektual pada siswa SMPN 5 Moyo Hilir. Penelitian ini menggunkan pendekatan kuantitatif dengan metode diskriptif. Populasi dalam penelitian ini adalah semua siswa SMPN 5 Moyo Hilir dengan jumlah 126 siswa dengan sampel 95 orang siswa menggunakan Teknik solvin. Penelitian ini menggunakan metode analisis yaitu statistik deskriptif, uji instrument, dan analisis regresi linier berganda. Hasil penelitian berdasarkan analisis data statistik indokator-indikator dariivariabel pada penelitian ininbersifattvalidddannreabel. Pendidikan karakter berpengaruhhsignifikannterhadappkecerdasan emosional. Hal ini dibuktikan dengan hasil statistik uji t untuk variabel kecerdasan emosional diperoleh nilai t hitung sebesar 3,432 dan t tabel 2,048 dengan tingkat signifikan 0,002 karena t hitung> t tabel (3,432>2,048) signifikasnsi lebih kecil dari 0,05 (0,002<0,05). maka dengan demikian hasil penelitian ditemukan bahwa pendidikan karakter berpengaruh signifikan terhadap kecerdasan emosional pada siswa SMPN 5 Moyo Hilir. Sedangkan variabel kecerdasan spiritual dinyatakan bahwa Pendidikan karakter berpengaruh terhadap peningkatan kecerdasan spiritual pada siswa SMPN 5 Moyo Hilir. Hal ini dibuktikan dengan hasil statistik uji t untuk variabel kecerdasan spiritual diperoleh nilai t hitung sebesar 3,142 dan t tabel 2,048 dengan tingkat signifikan 0,015, karena t hitung > t tabel (3,142>2,048) signifikan lebih kecil 0,05 (0,015<0,05), maka dengan demikian hasil penelitian ditemukan bahwa Pendidikan karakter berpengaruh signifikan terhadap kecerdasan spiritual pada siswa SMPN 5 Moyo Hilir. Begitu juga dengan variabel kecerdasan Intektual dinyatakan bahwa, Pendidikan karakter berpengaruh terhadap peningkatan kecerdasan intelektual pada siswa SMPN 5 Moyo Hilir. Hal ini dibuktikan denagn hasil statistik uji t untuk variabel kecerdasan intelektual diperoleh nilai t hitung sebesar 3,023 dan t tabel 2,048 dengan tingkat signifikansi 0,005, karena t hitung> t tabel (3,023>2,048) signifikansi lebih kecil dari 0,05 (0,005<0,05), maka dengan demikian hasil penelitian ditemukan bahwa pendidikdan karakter berpengaruh signifikan terhadap kecerdasan intelektual pada siswa SMPN 5 Moyo Hilir.