ANALISIS TINGKAT KEPUASAN PENGGUNA LAYANAN INTERNET DAN STRATEGI OPTIMALISASI QUALITY OF SERVICE JARINGAN INTERNET (STUDI KASUS UNIVERSITAS TEKNOLOGI SUMBAWA)
Kata Kunci:
Internet, QoS, Kepuasan PenggunaAbstrak
Universitas Teknologi Sumbawa merupakan universitas yang telah menerapkan
teknologi informasi untuk menunjang kegiatan akademik maupun non akademik. Untuk mendukung kegiatan tersebut di Universitas Teknologi Sumbawa telah menyediakan fasilitas layanan internet sebagai sumber informasi dan pertukaran data. Penelitian ini bertujuan untuk mengukur kualitas layanan internet dan menentukan startegi untuk optimalisasi jaringan internet di Universitas Teknologi Sumbawa. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan menggunakan kuesioner untuk mengukur kepuasan pengguna layanan dengan jumlah populasi sebanyak 286 dosen dan staf dan penentuan jumlah sampel menggunakan teknik proporsional random sampling sehingga dapat ditentukan jumlah sampel sebanyak 176 dosen dan staf. Dan untuk mengukur kemampuan jaringan internet di Universitas Teknologi Sumbawa menggunakan aplikasi Wireshark. Dimana hasil pengukuran kepuasan pengguna didapat 5,95 % menyatakan sangat puas, 16,01 % menyatakan puas, 47,56 % menyatakan tidak puas dan 30.49 % menyatakan sangat tidak puas. Dari hasil pengukuran mengunakan aplikasi wireshark pada parameter Quality of service yang terdiri dari throughput, delay, packet loss dan jitter dengan menggunakan standar yang di tetapkan oleh TIPHON didapatkan hasil dengan indeks rata-rata 2,4 dengan kategori sedang. Sehingga perlu dilakukan peningkatan kualitas layanan internet guna meningkatkan kepuasan pengguna layanan internet di Universitas Teknologi Sumbawa.