MODEL PEMBELAJARAN BLENDED LEARNING MELALUI GOOGLE CLASSROOM TERHADAP PENINGKATAN MOTIVASI DAN PRESTASI BELAJAR SISWA SMKN 2 KOTA BIMA TAHUN 2022
Kata Kunci:
Blended Learning, Motivasi, Prestasi BelajarAbstrak
Penelitan ini membahas Model Pembelajaran Blended Learning Melalui Google Classroom Terhadap
Peningkatan Motivasi dan Prestasi Belajar Siswa SMKN 2 Kota Bima Tahun 2022”. Tujuan penelitian
ini terdiri dari atas: 1) Untuk mengetahui pengaruh penerapan model pembelajaran Blended Learning
melalui Google Classroom terhadap peningkantan motivasi dan prestasi belajar PKKWU Siswa Kelas
XII SMKN 2 Kota Bima Tahun Ajaran 2022/2023, 2) Untuk mengetahui pengaruh penerapan model
pembelajaran Blended Learning melalui Google Classroom terhadap peningkantan Prestasi belajar
PKKWU Siswa Kelas XII SMKN 2 Kota Bima Tahun Ajaran 2022/2023 melalui mediasi motivasi
belajar. Jenis penelitian yang digunakan peneliti yaitu penelitian kuantitatif dengan jenis penelitian ex-
post facto. Penelitian ini menggunakan logika dasar yang sama dengan penelitian eksperimen hanya
saja dalam penelitian ini tidak ada manipulasi langsung kepada variabel bebas. Penelitian ini
dilaksanakan di SMKN 2 Kota Bima menggunakan observasi, kuesioner dan tes. Selanjutnya data
dianalisis dengan analisis program SmartPLS 3.0. Hasil penelitian ditemukan bahwa ada pengaruh
yang positif dan signifikan penerapan model pembelajaran Blended Learning terhadap peningkatan
motivasi dan prestasi belajar PKKWU Siswa Kelas XII SMKN 2 Kota Bima tahun 2022, Penelitian ini
memberikan bukti empiris bahwa model pembelajaran Blended Learning melalui google classroom
berpengaruh positif dan signifikan terhadap prestasi belajar PKKWU siswa kelas XII SMKN 2 Kota
Bima Tahun 2022 melalui variabel motivasi belajar sebagai variabel mediasi.