ANALISIS LAYANAN PENGADAAN BARANG DAN JASA SECARA ELEKTRONIK (E-PROCUREMENT) DI KABUPATEN SUMBAWA BARAT TAHUN 2022
Kata Kunci:
e-procurement, transparency, accountability, openAbstrak
E-Procurement ini diangkat sebagai salah satu pendekatan terbaik dalam membatasi
penyimpangan dan praktek curang dalam kegiatan pengadaan barang atau jasa yang
dapat merugikan negara. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis penerapan
layanan e-procurement pengadaan barang atau jasa di Pemerintah Kabupaten
Sumbawa Barat bisa berjalan dengan baik atau tidak yaitu dengan melihat melalui
tahapan pelaksanaan secara e-procurement berdasarkan prinsip-prinsip pengadaan
barang atau jasa. Data yang digunakan dalam penelitian ini berupa data primer yang
didapatkan dari hasil kuisioner dan wawancara kepada panitia dan penyedia barang
atau jasa di Pemerintah Kabupaten Sumbawa Barat. Sedangkan data sekunder
diperoleh dari dokumen laporan hasil pengadaan barang/jasa di ULP dan LPSE
Sumbawa Barat serta literatur yang terkait. Metode analisis data yang digunakan
adalah analisis deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pada tahapan
pelaksanaan barang atau jasa secara e-procurement di Pemerintah Sumbawa Barat
yang meliputi pengumuman lelang, pendaftaran lelang, penjelasan pekerjaan,
pemasukan dan pembukaan penawaran, evaluasi penawaran dan kualifikasi, serta
tahap penetapan dan pengumuman pemenang telah memenuhi prinsip-prinsip
pengadaan barang atau jasa yang meliputi transparansi, akuntabilitas, terbuka,
bersaing dan adil atau tidak diskriminatif.