STRATEGI INOVASI DALAM PEMASARAN PRODUK INTERNET XL AXIATA TERHADAP KEBUTUHAN PELAJAR DI KOTA SUMBAWA (STUDI KASUS PADA SISWA KELAS X SMKN 1 SUMBAWA)

Penulis

  • Anggra Kusuma Wardana Universitas Teknologi Sumbawa
  • Chairul Hudaya Universitas Teknologi Sumbawa
  • Mietra Anggara Universitas Teknologi Sumbawa

Kata Kunci:

Strategi, Inovasi, Pemasaran, Produk, Internet, XL Axiata

Abstrak

 

XL Axiata merupakan perusahaan telekomunikasi terkemuka di indonesia yang menyediakan layanan internet selular dengan 2 produk yaitu XL dan Axis. Ditengah perkembangan teknologi yang pesat, pelajar adalah salah satu kelompok yang paling aktif memanfaatkan internet untuk berbagai keperluan, seperti mencari informasi pendidikan, berinteraksi dengan teman sekelas, dan mengakses sumber daya belajar daring. Seiring dengan itu, perusahaan-perusahaan di bidang teknologi dan pemasaran terus berlomba-lomba menciptakan produk-produk inovatif yang dapat memenuhi kebutuhan pelajar dengan lebih baik. Tujuan penelitian ini adalah untuk menganalisis strategi inovasi yang digunakan oleh XL Axiata dalam pemasaran produk internet mereka, khususnya yang ditujukan untuk memenuhi kebutuhan pelajar di Sekolah Menengah Kejuruan (SMK). Penelitian ini menggunakan metodologi gabungan penelitian kualitatif dan kuantitatif (Mixed Method), desain penelitian menggunakan Sequential Exploratory Design, yang dimulai dengan fase kualitatif dan diikuti oleh fase kuantitatif dengan total 30 responden. Pengujian instrument meliputi uji validitas dan uji realibilitas. Adapun teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode analisis regresi linear berganda. Dari integrasi temuan kualitatif, dapat disimpulkan bahwa PT. XL Axiata telah merespons kebutuhan pelajar dengan menyediakan paket layanan khusus untuk pelajar, namun hasil analisis kuantitatif menunjukkan bahwa strategi inovasi dalam pemsaran produk internet, harga layanan, paket Layanan dan Kualitas layanan tidak berpengaruh signifikan secara parsial terhadap kepuasan pelanggan, namun hasil uji simultan secara bersama-sama berpengaruh signifikan terhadap kepuasan pelanggan. Oleh karena itu, perusahaan dapat terus mengembangkan dan meningkatkan kualitas layanan serta paket layanan yang ditawarkan kepada pelajar untuk lebih memenuhi kebutuhan dan meningkatkan kepuasan pelanggan.

Unduhan

Diterbitkan

2024-01-09

Cara Mengutip

Wardana, A. K., Hudaya, C., & Anggara, M. (2024). STRATEGI INOVASI DALAM PEMASARAN PRODUK INTERNET XL AXIATA TERHADAP KEBUTUHAN PELAJAR DI KOTA SUMBAWA (STUDI KASUS PADA SISWA KELAS X SMKN 1 SUMBAWA). Prosiding Seminar Nasional Manajemen Inovasi, 7(001, January), 372–381. Diambil dari https://conference.uts.ac.id/index.php/SEMAI/article/view/1299

Terbitan

Bagian

Seminar Nasional

Kategori

Artikel paling banyak dibaca berdasarkan penulis yang sama

1 2 3 4 > >> 
Loading...