PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN PROJECT BASED LEARNING BERBASIS BLENDED LEARNING TERHADAP PENINGKATAN HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK (STUDI KASUS DI SMKN 3 SUMBAWA)

Authors

  • Eman Suherman universitas teknologi sumbawa
  • Umar universitas teknologi sumbawa
  • Subari universitas teknologi sumbawa

Keywords:

Project Based Learning, Blended Learning, Hasil Belajar

Abstract

Menyongsong generasi society 5.0, peserta didik dituntut mampu berpikir kritis, kreatif,
berkolaborasi, problem solving serta penguasaan teknologi. Tujuan penelitian menganalisis
pengaruh model pembelajaran project based learning berbasis blended learning pada ranah
kognitif dan psikomotorik terhadap peningkatan hasil belajar peserta didik (studi kasus di

SMKN 3 Sumbawa). Metode penelitian Quasi Experimental Design dengan rancangan One-
Group Pretest-Posttest Design, dengan subjek penelitian peserta didik kelas XII TKJ. Hasil uji N-
gain Score pada ranah kognitif dan psikomotorik 0,8 dengan kategori tinggi, sedangkan N-gain

Persen ranah kognitif = 82; dan psikomotorik = 80 dengan kategori efektif. Hasil uji hipotesis
dengan Wilcoxon match pairs test pada ranah kognit dan psikomotorik 0,00 < 0,05 artinya
berpengaruh nyata. Dapat disimpulkan pembelajaran project based learning berbasis blended
learning efektif dan berpengaruh nyata terhadap hasil belajar peserta didik. Model
pembelajaran project based learning berbasis blended learning dapat dijadikan alternatif pilihan
bagi guru untuk meningkatkan kemampuan kognitif dan psikomotorik peserta didik.

Published

2023-01-21

How to Cite

Suherman, E., Umar, & Subari. (2023). PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN PROJECT BASED LEARNING BERBASIS BLENDED LEARNING TERHADAP PENINGKATAN HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK (STUDI KASUS DI SMKN 3 SUMBAWA). National Conferences Management Inovation, 5(001, January), 191–197. Retrieved from https://conference.uts.ac.id/index.php/SEMAI/article/view/332

Issue

Section

Seminar National

Categories

Most read articles by the same author(s)

<< < 1 2 3 > >> 
Loading...