PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN PROJECT BASED LEARNING BERBASIS BLENDED LEARNING TERHADAP PENINGKATAN HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK (STUDI KASUS DI SMKN 3 SUMBAWA)

Penulis

  • Eman Suherman universitas teknologi sumbawa
  • Umar universitas teknologi sumbawa
  • Subari universitas teknologi sumbawa

Kata Kunci:

Project Based Learning, Blended Learning, Hasil Belajar

Abstrak

Menyongsong generasi society 5.0, peserta didik dituntut mampu berpikir kritis, kreatif,
berkolaborasi, problem solving serta penguasaan teknologi. Tujuan penelitian menganalisis
pengaruh model pembelajaran project based learning berbasis blended learning pada ranah
kognitif dan psikomotorik terhadap peningkatan hasil belajar peserta didik (studi kasus di

SMKN 3 Sumbawa). Metode penelitian Quasi Experimental Design dengan rancangan One-
Group Pretest-Posttest Design, dengan subjek penelitian peserta didik kelas XII TKJ. Hasil uji N-
gain Score pada ranah kognitif dan psikomotorik 0,8 dengan kategori tinggi, sedangkan N-gain

Persen ranah kognitif = 82; dan psikomotorik = 80 dengan kategori efektif. Hasil uji hipotesis
dengan Wilcoxon match pairs test pada ranah kognit dan psikomotorik 0,00 < 0,05 artinya
berpengaruh nyata. Dapat disimpulkan pembelajaran project based learning berbasis blended
learning efektif dan berpengaruh nyata terhadap hasil belajar peserta didik. Model
pembelajaran project based learning berbasis blended learning dapat dijadikan alternatif pilihan
bagi guru untuk meningkatkan kemampuan kognitif dan psikomotorik peserta didik.

Unduhan

Diterbitkan

2023-01-21

Cara Mengutip

Suherman, E., Umar, & Subari. (2023). PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN PROJECT BASED LEARNING BERBASIS BLENDED LEARNING TERHADAP PENINGKATAN HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK (STUDI KASUS DI SMKN 3 SUMBAWA). Prosiding Seminar Nasional Manajemen Inovasi, 5(001, January), 191–197. Diambil dari https://conference.uts.ac.id/index.php/SEMAI/article/view/332

Terbitan

Bagian

Seminar Nasional

Kategori

Loading...