STRATEGI PERPUSTAKAAN DALAM MENCEGAH PLAGIARISME DI KALANGAN MAHASISWA TINGKAT AKHIR DI UNIVERSITAS TEKNOLOGI SUMBAWA
Kata Kunci:
Strategi, Perpustakaan, Plagiarisme.Abstrak
Kasus plagiarisme sekarang menjadi pembicaraan hangat di lingkungan perguruan tinggi. Mengurangi
terjadinya plagiarisme sudah menjadi kewajiban setiap lembaga pendidikan terutama perguruan tinggi.
Di sinilah peran perpustakaan dibutuhkan. Perpustakaan diharapkan bisa mencegah terjadinya
plagiarisme dikalangan mahasiswa. Adapun tujuan dari penelitian ini adalah menganalisis strategi
perpustakaan dalam mencegah plagiarisme di kalangan Mahasiswa Tingkat Akhir di Universitas
Teknologi Sumbawa. Pendekatan dalam penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif deskriptif
dengan jumlah sampel 100. Alat analisis data yang digunakan untuk mengolah dan menganalisis
menggunakan Matriks IFE, Matriks EFE, Matriks IE, SWOT dan QSPM. Dari Analisis tersebut
didapatkan hasil nilai IFAS 3,4 yang menggambarkan posisi indikator pencegahan terhadap plagiarisme
pada mahasiswa tingkat akhir berada pada posisi baik. EFAS adalah 3,36 yang berarti faktor eksternal
berada pada skala tinggi. Hal ini mengindikasikan bahwa peluang yang dimiliki oleh Perpustakaan UTS
untuk mencegah terjadinya plagiarism dikalangan mahasiswa tingkat akhir adalah baik. Berdasarkan
hasil analsisis QSPM terhadap strategi pencegahan plagiarisme dikalangan mahasiswa tingkat akhir
oleh perpustakaan UTS, diperoleh dua alternatif strategi dengan nilai TAS tertinggi, yaitu menambah
tenaga kerja profesional serta meningkatkan kualitas manajemen dan fasilitas dalam pengecekan
plagiasi (WO2) dan menerapkan secara tegas kebijakan dari pemerintah mengenai standar pendidikan
perguruan tinggi terutama tentang plagiarisme (SO2).