ANALISIS PENGARUH PENGGUNAAN PRESENTER KECERDASAN BUATAN (ARTIFICIAL INTELLIGENCE) DALAM PENYIARAN TERHADAP PERSEPSI AUDIENS (STUDI KASUS DI TVONE)

Penulis

  • Andi Sri Kumalarani Universitas Teknologi Sumbawa
  • Chairul Hudaya Universitas Teknologi Sumbawa
  • Roni Hartono Universitas Teknologi Sumbawa

Kata Kunci:

Presenter, Kecerdasan Buatan, Persepsi, Audiens, Penyiaran

Abstrak

Kecerdasan buatan (Artificial Intelligence/AI) telah membuat terobosan ke dalam industri media penyiaran. Relevansi AI dalam bidang penyiaran akan terus berkembang seiring dengan penggunaannya. Relevansi ini telah berkembang untuk membentuk kembali cara penyiaran tradisional, sehingga presenter AI muncul sebagai inovasi dalam penyampaian konten siaran. Adopsi inovasi presenter AI dengan tujuan meningkatkan demografi stasiun media penyiaran yang dapat memberi keuntungan juga memiliki implikasi pada persepsi dan kepuasan masyarakat umum. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisa pengaruh penggunaan presenter AI dalam penyiaran terhadap persepsi audiens (studi kasus di tvOne). Adapun subjek penelitian ini adalah 30 mahasiswa Fakultas Ilmu Pengetahuan Budaya Universitas Indonesia yang secara acak dikelompokkan ke dalam kelompok kontrol dan kelompok eksperimen dan 1 responden dari pihak manajemen tvOne untuk wawancara. Penelitian menggunakan mix methods, dengan pendekatan eksperimen serta wawancara dan dalam menjelaskan interpretasinya menggunakan metode deskriptif. Adapun temuan dan hasil analisis ialah berita yang mengadopsi presenter AI cenderung memiliki demografi yang lebih rendah terkait persepsi dan kepuasan audiensnya dibandingkan berita yang masih menggunakan presenter manusia. Hal tersebut disebabkan presenter AI pada dasarnya adalah program komputer yang tidak memiliki autentikasi dan emosi layaknya manusia juga sangat "robotik" walaupun penyampaian informasi berita dilakukan dengan baik dan jelas. Hasil penelitian dengan metode wawancara disimpulkan bahwa penerapan penggunaan presenter AI bukan untuk menggeser atau mengganti presenter manusia, namun hanya sebagai pelengkap atau penunjang dari konten yang ada. Pengembangan inovasi AI terus dilakukan seiring dengan penerapan inovasi tersebut pada beberapa program yang bersifat continenty announcement, singkat dan deskriptif.

Unduhan

Diterbitkan

2024-01-09

Cara Mengutip

Kumalarani, A. S., Hudaya, C., & Hartono, R. (2024). ANALISIS PENGARUH PENGGUNAAN PRESENTER KECERDASAN BUATAN (ARTIFICIAL INTELLIGENCE) DALAM PENYIARAN TERHADAP PERSEPSI AUDIENS (STUDI KASUS DI TVONE). Prosiding Seminar Nasional Manajemen Inovasi, 7(001, January), 276–286. Diambil dari https://conference.uts.ac.id/index.php/SEMAI/article/view/1287

Terbitan

Bagian

Seminar Nasional

Kategori

Artikel paling banyak dibaca berdasarkan penulis yang sama

1 2 3 4 > >> 
Loading...