STUDI PERBANDINGAN INOVASI DALAM SISTEM PENDIDIKAN TINGGI MODERN INDONESIA DAN PAKISTAN
Kata Kunci:
Sistem Pendidikan Modern, Pendidikan Tinggi, Inovasi, Indonesia, PakistanAbstrak
Penelitian ini menggali lanskap pendidikan tinggi global yang terus berkembang, menyajikan studi kasus komparatif mengenai reformasi inovatif dalam sistem pendidikan tinggi di Indonesia dan Pakistan. Dengan menggunakan pendekatan kualitatif, penelitian ini melibatkan lima belas sarjana dari kedua negara yang belajar di Indonesia sebagai informan. Pengumpulan data melibatkan Google form, wawancara, dan dokumentasi, dengan analisis deskriptif kualitatif sebagai metode analisis utama. Hasilnya memberikan analisis komprehensif mengenai strategi inovatif dalam sistem pendidikan tinggi di kedua negara, dalam mengatasi tantangan yang ditimbulkan oleh pergeseran global. Indonesia menekankan internasionalisasi melalui program yang fleksibel, penjaminan mutu melalui LAA dan BANPT, rekrutmen dosen asing, dan publisitas media yang luas, seperti yang digambarkan oleh Universitas Gadjah Mada dan Universitas Indonesia. Sebaliknya, Pakistan, yang dipandu oleh Komisi Pendidikan Tinggi (HEC), menyelaraskan institusinya dengan standar internasional, terbukti dengan kehadiran mereka di QS World Ranking 2023 dari National University of Science and Technology (NUST) dan Quaid-e-Azam University (QAU). Studi ini menekankan perlunya modernisasi dan internasionalisasi di kedua negara, dan menganjurkan upaya kolaboratif antar lembaga, industri, dan pemerintah untuk mendorong kemajuan yang berkelanjutan. Penelitian ini diakhiri dengan seruan agar kebijakan-kebijakan inovatif disertai dengan sistem pemantauan, tindak lanjut, dan evaluasi yang kuat oleh badan-badan pemerintah seperti Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan dan HEC, sehingga dapat memberikan panduan penting bagi para pembuat kebijakan dan memberikan kontribusi yang berarti terhadap wacana akademis.