PENERAPAN PROGRAM PEMBELAJARAN BILINGUAL PREVIEW- REVIEW BERBASIS MEDIA REALIA UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS V SEKOLAH DASAR ISLAM TERPADU
Kata Kunci:
Bilingual Preview-Review, Media Realia, Aktivitas Belajar, Hasil BelajarAbstrak
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan dalam pembelajaran
bahasa Inggris siswa kelas V Sekolah Dasar Islam Terpadu (SDIT). Secara spesifik,
penelitian ini fokus untuk: (1) mengetahui perencanaan belajar siswa dengan
menggunakan program pembelajaran bilingual preview-review berbasis media realia
pada mata pelajaran bahasa inggris. 2. mengetahui gambaran pelaksanaan belajar
siswa, 3. menganalisis peningkatan program pembelajaran bilingual preview-review
berbasis media realia dalam meningkatkan aktivitas siswa dan hasil belajar siswa
pada pelajaran bahasa inggris. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas
(PTK) menggunakan model Kemis dan Mc Taggart (Kusuma dan Dwitagama, 2010:
20). Penelitian ini dilaksanakan di SDIT Samawa Cendekia Kelas V Adh-Dharimi
dengan sampel 31 siswa. Dengan teknik pengambilan sampel yaitu Purposive
Sampling. Data yang dikumpulkan dalam penelitian ini adalah aktivitas belajar berupa
lembar observasi terdiri dari observasi guru dan siswa, hasil belajar berupa tes tulis,
serta angket tanggapan siswa.
Data hasil penelitian dianalisis secara statistik kuantitatif dan kualitatif. Hasil
penelitian menunjukkan model pembelajaran Bilingual Preview-Review berbasis
Media Realia dapat meningkatkan aktivitas belajar siswa yakni pada siklus I dengan
rata-rata aktivitas siklus I yaitu 0 dengan kategori sangat aktif, 12 siswa atau 39%
dengan kategori aktif. Jumlah siswa dengan kategori cukup aktif yaitu 17 siswa atau
55% dan kategori kurang aktif berjumlah 2 siswa atau 6%. Sedangkan pada hasil nilai
LKS di siklus I menunjukkan bahwa nilai rata-rata hasil belajar siswa 63 dengan
jumlah ketuntasan mencapai 19 siswa atau 61%, dan tidak tuntas mencapai 12 siswa
atau 39%. Hasil nilai Tes siklus I dengan persentase ketuntasan 52% atau 16 siswa
dan 48% yang belum tuntas atau 15 siswa. Terjadi peningkatan pada persentase
aktivitas siswa pada siklus II dengan jumlah siswa yang sangat aktif 65% atau 20
siswa, kategori aktif sebanyak 25% atau 8 siswa, dengan kategori cukup aktif
sebesar 29% atau 9 siswa.. Sedangkan pada hasil belajar siswa mengalami
peningkatan di siklus II, yaitu pada LKS persentase ketuntasan jumlah siswa yang
tuntas sebanyak 87% atau 27 siswa, dan yang masih berada dibawah KKM 75
sebanyak 4 siswa atau 13%. Untuk hasil belajar siswa pada Tes siklus II
menunjukkan jumlah siswa yang tuntas sebanyak 90% atau 28 siswa, dan yang tidak
tuntas sebanyak 10% atau 3 siswa.
Hasil penelitian di atas dapat disimpulkan bahwa penerapan program
Pembelajaran Bilingual Preview-Review berbasis Media Realia dapat meningkatkan
aktivitas siswa dan hasil belajar siswa kelas V Adh-Dharimi SDIT Samawa Cendekia.