PENGEMBANGAN BAHAN AJAR SOSIOLOGI PROBLEM BASED LEARNING UNTUK MENINGKATKAN METAKOGNISI
Kata Kunci:
Bahan Ajar, Metakognisi, Problem Based LearningAbstrak
Kemampuan metakognisi sangat diperlukan siswa dalam dunia pendidikan ataupun dalam kehidupan sehari-hari. Penelitian ini merupakan jenis penelitian R & D yang bertujuan untuk mengembangkan bahan ajaiologi materi Perubahan Sosial. Kriteria keberhasilan penelitian ini adalah bahan ajar valid, meningkatkan metakognisi serta mendapat respon positif dari siswa. Pretest-posttest Control Groups Design diterapkan untuk menguji penerapan bahan ajar sebagai produk pengembangan. Data dikumpulkan dengan metode tes dan non tes. Hasil validasi bahan ajar memperoleh kriteria valid (3,8 dari 4), rata-rata hasil belajar kognitif kelas uji coba luas (eksperimen) sebesar 80,6 (> dari KKM) serta proporsi ketuntasan belajar klasikal kelas eksperimen lebih besar dari 80% atau 27 dari 30 siswa mencapai KKM. Hasil penelitian juga menunjukkan bahan ajar sosiologi dapat meningkatkan metakognisi siswa dengan rata-rata N-gain sebesar 0,75 (Tinggi) dan hasil uji paired sample t-test menunjukkan ada perbedaan yang signifikan antara hasil pre test dan post test kemampuan metakognisi. Siswa memberikan respon postif terhadap bahan ajar dalam kriteria “sangat setuju”.