SISTEM INFORMASI MANAJEMEN PEJABAT PENGELOLA INFORMASI DAN DOKUMENTASI (PPID) BADAN RISET DAN INOVASI DAERAH PROVINSI NUSA TENGGARA BARAT
Kata Kunci:
Pejabat, Pengelola, Informasi, DokumentasiAbstrak
Tuntutan kebutuhan yang semakin kompleks dan akses informasi yang serba cepat menyebabkan
adanya perubahan dan perlunya teknologi informasi dalam lingkungan masyarakat dan organisasi.
Berdasarkan Peraturan Gubernur No. 24 Tahun 2018 tentang Tata Kerja Pejabat Pengelola Informasi
dan Dokumentasi Pemerintah Provinsi NTB, PPID BRIDA NTB diharapkan dapat memberikan pelayanan
informasi yang berkualitas kepada publik guna mewujudkan penyelenggaraan pemerintah yang baik,
terbuka, efektif dan efisien akuntabel serta dapat dipertangggung jawabkan. Penelitian ini bertujuan untuk
mengetahui perencanaan, pengorganisasian, pelaksanaan dan evaluasi Sistem Informasi Manajemen
PPID BRIDA NTB.
Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode analisis deskriptif. Jenis dan sumber
data berasal dari infoman yang dipilih secara purposive. Metode dan teknik pengumpulan data yang
digunakan melalui teknik wawancara, dokumentasi, dan observasi. Metode dan teknik analisis data yang
digunakan adalah pengumpulan data, reduksi data, penyajian data secara sistematis, kemudian
mengolah, menafsirkan, dan kemudian memaknai data-data tersebut. hasil analisis data disajikan secara
informal (naratif).
Hasil yang diperoleh dalam penelitian ini adalah pelaksanaan Sistem Informasi Manajemen PPID
BRIDA NTB yang meliputi perencanaan, pengorganisasian, pelaksanaan dan evaluasi yang telah
didasarkan pada sistem administrasi, aturan hukum dan prinsif- prinsif, manajemen yang baik. Namun
Sistem Informasi Manajemen PPID BRIDA NTB hendaknya lebih meningkatkan partisipasi masyarakat
dalam proses perencanaan dengan mengadakan pertemuan terbuka atau forum diskusi publik,
menyusun rencana strategis jangka panjang dan hal lainnya yang dapat memberikan dampak baik bagi
Sistem Informasi Manajemen PPID BRIDA NTB.