PENGEMBANGAN MODEL KELAS WIRAUSAHA BERBASIS PROMOSI INTERNAL UNTUK MENINGKATKAN MOTIVASI ENTERPRENEURSHIP SISWA SMK
Kata Kunci:
motivasi enterpreunership, Kelas wirausaha, promosi internalAbstrak
Ketersediaan dunia usaha dan dunia industri yang menyerap alumni SMKN 1 Taliwang sangat sedikit, disamping itu model pembelajaran kelas wirausaha belum sepenuhnya efektif dan belum memaksimalkan peranan potensi di dalam sekolah. Tujuan penelitian ini adalah mendeskrifsikan model faktual pembelajaran kelas wirausaha di SMK, mendeskrifsikan model konseptual kelas wirausaha berbasis promosi dan pemberdayaan internal dan mendeskrifsikan model kelas wirausaha
berbasis promosi dan pemberdayaan internal efektif menumbuhkan motivasi wirausaha siswa SMK. Tujuan dari penelitaian ini adalah 1) Untuk mendeskripsikan model faktual pembelajaran kelas wirausaha Kelas XI Teknik Bisnis Sepeda Motor SMK Negeri 1 Taliwang Kabupaten Sumbawa Barat. 2) Untuk mendeskripsikan model konseptual kelas wirausaha berbasis promosi internal untuk meningkatkan motivasi enterpreunership siswa kelas XI Teknik Bisnis Sepeda Motor SMKN 1 Taliwang Kabupaten Sumbawa Barat. 3)Untuk mengetahui keefektifan model konseptual kelas wirausaha berbasis promosi internal dalam meningkatkan motivasi enterpreunership siswa kelas XI Teknik Bisnis Sepeda Motor SMKN 1 Taliwang Kabupaten Sumbawa Barat.
Metode penelitian ini adalah Research and Development, yang dibagi dalam tiga tahapan, yaitu tahap studi pendahuluan, tahap pengembangan, dan tahap evaluasi. Studi pendahuluan dengan pendekatan kualitatif dan kuantitatif. Tahap pengembangan melibatkan ahli dan praktisi, sehingga menghasilkan model yang valid dan siap diujicoba. Ujicoba terbatas menggunakan one group pretestposttest design untuk mengetahui keefektifan. Penelitian ini adalah penelitian campuran, teknik pengumpulan data yang dilakukan adalah wawancara dan quisioner.
Hasil penelitian ini menunjukkan dengan presentase jawaban responden yaitu 21,25% meningkat menjadi 58,75% responden Sangat Setuju (SS), 28,75% meningkat menjadi 33.75% responden Setuju (S), 23,75% menurun menjadi 7,5% responden Kurang Setuju (KS), dan 26,25% menurun menjadi 0% responden Tidak Setuju (TS). Dengan demikian model Kelas Wirausaha Berbasis Promosi Internal efektif dapat meningkatkan motivasi enterpreunership siswa kelas XI Teknik Bisnis Sepeda Motor SMK Negeri 1 Taliwang Kabupaten Sumbawa Barat.