KUALITAS PELAYANAN PUBLIK PEMBUATAN SURAT KETERANGAN CATATAN KEPOLISIAN (SKCK) DI KEPOLISIAN RESOR SUMBAWA

Penulis

  • Lalu Eka Prahardian Universitas Teknologi Sumbawa
  • Zulkieflimansyah Universitas Teknologi Sumbawa
  • Ahmad Yamin Universitas Teknologi Sumbawa

Kata Kunci:

Pelayanan publik, SKCK, Kepolisian, Resor Sumbawa

Abstrak

Kepolisian Resor Sumbawa merupakan salah satu organisasi pemerintah yang melakukan
pelayanan publik dengan tujuan untuk menuntaskan berbagai masalah dan ancaman yang ada
pada masyarakat setempat. Pengaduan, pelaporan dan pelayanan berbagai kasus yang terjadi di
lingkungan sekitar merupakan salah satu bentuk tanggung jawab yang harus dikerjakan dan
diselesaikan dengan baik oleh Kepolisian Resor Sumbawa, hal ini dikarenakan Kepolisian Resor
Sumbawa merupakan salah satu organisasi publik yang melayani masyarakat. Pelayanan yang
dimaksud tentang pelayanan pembuatan Surat Keterangan Catatan Kepolisian (SKCK
berkualitas dapat diperoleh baik dari pihak Satuan Intelkam Kepolisian Resor Sumbawa. Untuk
mengatasi kekurangan dalam lingkup kepolisian Reor Sumbawa dibentuklah pelayanan public
Satuan Intelkam tentang pembuatan Surat Keterangan Catatan Kepolisian (SKCK). Penelitian ini
menggunakan metode penelitian deskriptif kualitatif. Teknik pengumpulan data dalam penelitian
ini adalah dengan cara wawancara, observasi, dan dokumentasi. Adapun dalam penelitian ini,
analisis data dijalankan dengan menggunakan teknik triagulasi. Berdasarkan hasil penelitian di
dapatkan bahwa pelaksanaan pelayanan Kepolisian Resor Sumbawa yang diemban oleh Satuan
Intelkam di Polres Sumbawa sudah cukup berkualitas baik secara efiesien sehingga harus bisa
tetap melaksanakan tugas dengan sebaik – baiknya dan memberikan kenyamanan dan kepuasan
bagi masyarakat yang membutuhkan. Polri harus memberikan pelayanan yang efektif yang
menghasilkan pelayanan prima kepada masyarakat sehingga dapat dikatakan bahwa
pelayanannya sudah produktif. Sehingga dalam upaya mencapai kualitas pelayanan sudah
selayaknya kepolisian meningkatkan kualitas pelayanannya sesuai dengan aturannya yang
mengenai tetang peningkatan kualitas pelayanan aparatur pemerintahan kepada masyarakat.
Saran dalam penelitian ini yaitu Melengkapai sarana dan prasarana seperti penambahan unit
fasilitas pelayanan, adanya tambahan tenaga pelayanan SKCK dan pengembangan aplikasi
pelayanan online pembuatan SKCK.

Unduhan

Diterbitkan

2023-08-07

Cara Mengutip

Prahardian, L. E., Zulkieflimansyah, & Yamin, A. (2023). KUALITAS PELAYANAN PUBLIK PEMBUATAN SURAT KETERANGAN CATATAN KEPOLISIAN (SKCK) DI KEPOLISIAN RESOR SUMBAWA. Prosiding Seminar Nasional Manajemen Inovasi, 6(002, August), 493–503. Diambil dari https://conference.uts.ac.id/index.php/SEMAI/article/view/839

Terbitan

Bagian

Seminar Nasional

Kategori

Artikel paling banyak dibaca berdasarkan penulis yang sama

<< < 1 2 3 4 5 > >> 
Loading...