KORELASI PENERAPAN KURIKULUM MERDEKA DENGAN KINERJA PENDIDIK SERTA INOVASI MANAJEMEN P4E DI MADRASAH PILOT PROJECT KABUPATEN SUMBAWA

Penulis

  • Syahabuddin Universitas Teknologi Sumbawa
  • Muhammad Ikhsan Universitas Teknologi Sumbawa
  • Hendra Gunawan Universitas Teknologi Sumbawa

Kata Kunci:

Korelasi, Kurikulum Merdeka, Kinerja Pendidik, Manajemen P4E, Pilot Project

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui korelasi antara penerapan Kurikulum Merdeka dengan kinerja pendidik di madrasah pilot project Kabupaten Sumbawa dan mengetahui rancangan konsep inovasi manajemen P4E di madrasah pilot project  Kabupaten Sumbawa. Adapun metode pengumpulan data memanfaatkan tiga metode yaitu penyebaran angket untuk memperoleh data atau informasi yang berhubungan dengan kondisi pembelajaran di empat madrasah yang menggunakan Kurikulum Merdeka yang dikaitkan dengan psikologis pendidik dan manajemen pengawas madrasah, observasi untuk memperoleh informasi  tentang  persepsi terhadap Kurikulum Merdeka serta kinerja pendidik saat  menggunakan Kurikulum Merdeka, dan dokumentasi digunakan untuk mengumpulkan data primer berupa penilaian kinerja guru (PKG) saat penerapan kurikulum 2013 dan saat menerapkan Kurikulum Merdeka. Data yang diperoleh akan dianalisis dengan memanfaatkan SPSS untuk mengetahui tingkat korelasi baik positif atau negatif antara variabel penerapan Kurikulum Merdeka dengan kinerja pendidik. Data yang bersumber dari angket, observasi, dan dokumentasi juga akan diuraikan secara deskriptif. Adapun tawaran konsep strategi inovasi manajemen kepengawasan P4E di madrasah pilot project menjadi tawaran konsep solutif yang inovatif  dari penulis selaku pengawas. Adapun hasil penelitian ini  berdasarkan olahan data SPSS menunjukkan adanya nilai korelasi pearson product moment antar variabel, yakni sebesar 0,594 artinya  bahwa antara variabel implementasi Kurikulum Merdeka dengan kinerja pendidik terdapat hubungan positif atau searah dengan tingkat korelasi sedang. Oleh karena itu, implementasi Kurikulum Merdeka dapat meningkatkan kinerja pendidik. Adapun konsep inovasi manajemen P4E disajikan pada setiap butir inovatif pada tahapan perencanaan, pelaksanaan, pengawasan, pembinaan, dan evaluasi.

Unduhan

Diterbitkan

2024-01-09

Cara Mengutip

Syahabuddin, Ikhsan, M., & Gunawan, H. (2024). KORELASI PENERAPAN KURIKULUM MERDEKA DENGAN KINERJA PENDIDIK SERTA INOVASI MANAJEMEN P4E DI MADRASAH PILOT PROJECT KABUPATEN SUMBAWA. Prosiding Seminar Nasional Manajemen Inovasi, 7(001, January), 258–266. Diambil dari https://conference.uts.ac.id/index.php/SEMAI/article/view/1285

Terbitan

Bagian

Seminar Nasional

Kategori

Loading...