PENGARUH PEMBAHARUAN MANAJEMEN KURIKULUM DAN PENGUATAN KOMITMEN PENDIDIK TERHADAP KUALITAS PEMBELAJARAN

Penulis

  • Mohamad Nasukha Universitas Teknologi Sumbawa
  • Muhammad Saleh Universitas Teknologi Sumbawa
  • Ofi Hidayat Universitas Teknologi Sumbawa

Kata Kunci:

Pembaharuan, Manajemen, Kurikulum, Penguatan, Komitmen Pendidik, Kualitas Pembelajaran

Abstrak

Sejak diberlakukan kebijakan Asesmen Kompetensi Minimum dan Implementasi Kurikulum Merdeka mulai tahun pelajaran 2023/2024 di Kecamatan Empang, guru-guru sekolah dasar memiliki kendala dalam meningkatkan kualitas pembelajaran. Hal ini dimungkinkan akibat belum maksimalnya pengelolaan manajemen kurikulum dan masih rendahnya komitmen pendidik. Karena itu, dalam penelitian ini peneliti melakukan intervensi tindakan berupa pembimbingan dan pendampingan untuk memperbaharui pengelolaan manajemen kurikulum serta pembinaan untuk menguatkan komitmen pendidik. Penelitian ini bertujuan menganalisis pengaruh pembaharuan pengelolaan manajemen kurikulum dan penguatan komitmen pendidik terhadap mutu pembelajaran. Penelitian dilakukan pada sekolah dasar di Kecamatan Empang dalam kurun semester I tahun pelajaran 2023/2024. Metode yang dipilih untuk digunakan dalam penelitian ini adalah kuantitatif inferensial. Data nilai hasil pembaharuan manajemen kurikulum dan penilaian kualitas pembelajaran dikumpulkan dengan teknik observasi. Kuesioner digunakan untuk mengukur tingkat komitmen pendidik. Subjek penelitian sebanyak 19 orang guru kelas IV yang berasal dari sekolah-sekolah SD Se-Kecamatan Empang. Hasil penilaian menunjukkan bahwa setelah dilakukan pembimbingan dan pendampingan, pengelolaan manajemen kurikulum (variabel X1) memiliki nilai baik. Komitmen pendidik (variabel X2) juga bernilai baik. Demikian pula, kualitas pembelajaran (variabel Y) juga bernilai baik. Ada tiga hipotesis yang diformulasikan. Hipotesis itu akan diuji menggunakan analisis regresi dengan metode uji-F dan uji-T. Uji-F untuk menganalisis dampak kedua variabel (X1 dan X2) terhadap Y.  Uji-T digunakan untuk menguji pengaruh masing-masing variabel X secara terpisah. Variabel X1 terhadap Y dan variabel X2 terhadap variabel Y. Kesimpulan akhir dari penelitian ini adalah bahwa pembaharuan pengelolaan manajemen kurikulum dan peningkatan komitmen pendidik memiliki pengaruh atau dampak yang signifikan terhadap kualitas pembelajaran.

Unduhan

Diterbitkan

2024-01-09

Cara Mengutip

Nasukha, M., Saleh, M., & Hidayat, O. (2024). PENGARUH PEMBAHARUAN MANAJEMEN KURIKULUM DAN PENGUATAN KOMITMEN PENDIDIK TERHADAP KUALITAS PEMBELAJARAN. Prosiding Seminar Nasional Manajemen Inovasi, 7(001, January), 9–15. Diambil dari https://conference.uts.ac.id/index.php/SEMAI/article/view/1251

Terbitan

Bagian

Seminar Nasional

Kategori

Loading...