PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN PROJECT BASED LEARNING BERBASIS BLENDED LEARNING TERHADAP PENINGKATAN HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK (STUDI KASUS DI SMKN 3 SUMBAWA)
Kata Kunci:
Project Based Learning, Blended Learning, Hasil BelajarAbstrak
Menyongsong generasi society 5.0, peserta didik dituntut mampu berpikir kritis, kreatif,
berkolaborasi, problem solving serta penguasaan teknologi. Tujuan penelitian menganalisis
pengaruh model pembelajaran project based learning berbasis blended learning pada ranah
kognitif dan psikomotorik terhadap peningkatan hasil belajar peserta didik (studi kasus di
SMKN 3 Sumbawa). Metode penelitian Quasi Experimental Design dengan rancangan One-
Group Pretest-Posttest Design, dengan subjek penelitian peserta didik kelas XII TKJ. Hasil uji N-
gain Score pada ranah kognitif dan psikomotorik 0,8 dengan kategori tinggi, sedangkan N-gain
Persen ranah kognitif = 82; dan psikomotorik = 80 dengan kategori efektif. Hasil uji hipotesis
dengan Wilcoxon match pairs test pada ranah kognit dan psikomotorik 0,00 < 0,05 artinya
berpengaruh nyata. Dapat disimpulkan pembelajaran project based learning berbasis blended
learning efektif dan berpengaruh nyata terhadap hasil belajar peserta didik. Model
pembelajaran project based learning berbasis blended learning dapat dijadikan alternatif pilihan
bagi guru untuk meningkatkan kemampuan kognitif dan psikomotorik peserta didik.