KORELASI PENERAPAN KURIKULUM MERDEKA DENGAN KINERJA PENDIDIK SERTA INOVASI MANAJEMEN P4E DI MADRASAH PILOT PROJECT KABUPATEN SUMBAWA
Kata Kunci:
Korelasi, Kurikulum Merdeka, Kinerja Pendidik, Manajemen P4E, Pilot ProjectAbstrak
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui korelasi antara penerapan Kurikulum Merdeka dengan kinerja pendidik di madrasah pilot project Kabupaten Sumbawa dan mengetahui rancangan konsep inovasi manajemen P4E di madrasah pilot project Kabupaten Sumbawa. Adapun metode pengumpulan data memanfaatkan tiga metode yaitu penyebaran angket untuk memperoleh data atau informasi yang berhubungan dengan kondisi pembelajaran di empat madrasah yang menggunakan Kurikulum Merdeka yang dikaitkan dengan psikologis pendidik dan manajemen pengawas madrasah, observasi untuk memperoleh informasi tentang persepsi terhadap Kurikulum Merdeka serta kinerja pendidik saat menggunakan Kurikulum Merdeka, dan dokumentasi digunakan untuk mengumpulkan data primer berupa penilaian kinerja guru (PKG) saat penerapan kurikulum 2013 dan saat menerapkan Kurikulum Merdeka. Data yang diperoleh akan dianalisis dengan memanfaatkan SPSS untuk mengetahui tingkat korelasi baik positif atau negatif antara variabel penerapan Kurikulum Merdeka dengan kinerja pendidik. Data yang bersumber dari angket, observasi, dan dokumentasi juga akan diuraikan secara deskriptif. Adapun tawaran konsep strategi inovasi manajemen kepengawasan P4E di madrasah pilot project menjadi tawaran konsep solutif yang inovatif dari penulis selaku pengawas. Adapun hasil penelitian ini berdasarkan olahan data SPSS menunjukkan adanya nilai korelasi pearson product moment antar variabel, yakni sebesar 0,594 artinya bahwa antara variabel implementasi Kurikulum Merdeka dengan kinerja pendidik terdapat hubungan positif atau searah dengan tingkat korelasi sedang. Oleh karena itu, implementasi Kurikulum Merdeka dapat meningkatkan kinerja pendidik. Adapun konsep inovasi manajemen P4E disajikan pada setiap butir inovatif pada tahapan perencanaan, pelaksanaan, pengawasan, pembinaan, dan evaluasi.