OPTIMALISASI PEMANFAATAN APLIKASI PLATFORM MERDEKA MENGAJAR DALAM IMPLEMENTASI KURIKULUM MERDEKA PADA TAMAN KANAK-KANAK DI KABUPATEN SUMBAWA
Kata Kunci:
Pemanfaatan, Platform Merdeka Mengajar, Kurikulum MerdekaAbstrak
Penelitian ini membahas tentang Optimalisasi Pemanfaatan Aplikasi Platform Merdeka Mengajar Dalam Implementasi Kurikulum Merdeka Pada Taman Kanak-Kanak Di Kabupaten Sumbawa. Tujuan penelitian ini terdiri atas; 1. Untuk menjelaskan pemanfaatan Platform Merdeka Mengajar dalam implementasi Kurikulum Merdeka pada taman kanak-kanak di Kabupaten Sumbawa. 2. Untuk menganalisis hasil pemanfaatan Platform Merdeka Mengajar secara optimal dalam implementasi Kurikulum Merdeka pada taman kanak-kanak di Kabupaten Sumbawa. Metode yang digunakan pada penelitian ini adalah mix method (metode campuran) yaitu penelitian yang memadukan antara metode kualitatif dan metode kuantitatif dengan menggunakan data yang diperoleh dari hasil kuisioner. Populasi penelitian ini berjumlah 50 orang guru. Teknik pengumpulan data melalui wawancara dan angket. Pengambilan sumber data melalui purposive (narasumber yang paling tahu tentang informasi yang dibutuhkan) dan data dianalisis dengan menggunakan skala likert. Hasil penelitian ditemukan secara umum bahwa aplikasi Platform Merdeka Mengajar belum mampu dimanfaatkan secara optimal oleh guru pada satuan pendidikan taman kanak-kanak yang mengimplementasikan Kurikulum Merdeka. Melalui Platform Merdeka Mengajar ini, guru seharusnya dapat memperoleh materi pelatihan berkualitas yang dapat dilakukan secara mandiri. Adanya Platform Merdeka Mengajar memberi kesempatan untuk guru terus belajar dan mengembangkan kompetensinya tanpa batas ruang maupun waktu. Jadi dapat disimpulkan salah satu bentuk implementasi Kurikulum Merdeka di satuan pendidikan dalam penggunaan Platform Merdeka Mengajar dan belum dimanfaatkan secara optimal oleh guru.