PENGARUH PEMANFAATAN INOVASI TEKNOLOGI INFORMASI DAN KOMUNIKASI BERBASIS PLATFORM MERDEKA MENGAJAR TERHADAP KINERJA GURU SD PADA IMPLEMENTASI KURIKULUM MERDEKA
Kata Kunci:
TIK, Platform Merdeka Mengajar, Kinerja GuruAbstrak
Penelitian ini membahas tentang Pengaruh Pemanfaatan Inovasi Teknologi Informasi dan Komunikasi Berbasis Platform Merdeka Mengajar terhadap Kinerja Guru SD Kecamatan Moyo Hilir. Tujuan penelitian ini adalah 1) menganalisis tingkat pemanfaatan inovasi TIK berbasis platform merdeka mengajar; 2) menganalisis pemanfaatan inovasi TIK berbasis platform merdeka mengajar dalam mempengaruhi kinerja guru dalam mengimplemetasikan kurikulum merdeka pada guru SD di Kecamatan Moyo Hilir. Jenis kajian penelitian ini yaitu asosiatif, untuk melihat korelasi dua variable atau lebih. Populasi sekaligus sebagai sampel dalam penelitian ini adalah guru SD kelas 1 dan 4 Kecamatan Moyo Hilir yang sudah mengimplementasikan kurikulum merdeka sebanyak 44 orang. Tehnik pengambilan sampel adalah nonprobability sampling. Metode pengumpulan data yaitu metode angket dan dokumentasi. Data dianalisis dengan menggunakan skala likert 5 dan diolah dengan menggunakan aplikasi SmartPLS 4.0. Hasil penelitian ditemukan bahwa 1) tingkat pemanfaatan PMM oleh guru responden berada pada kategori “sering” dengan persentase 48,97%, 2) Pemanfaatan PMM oleh guru berpengaruh terhadap peningkatan kinerja guru. Hal ini terbukti bahwa: a) intensitas dalam pemanfaatan PMM berpengaruh secara positif dan signifikan terhadap efisiensi kinerja guru (p-value 0,039); dan berpengaruh terhadap inisiatif kerja guru (p-value 0,007); b) kemudahan dalam memahami dan mengakses PMM berpengaruh secara positif dan signifikan terhadap peningkatan efisiensi kerja guru (p-value 0,002), peningkatan disiplin kerja guru (p-value 0,000) dan inisiatif kerja guru (p-value 0,001); c) kecepatan mengakses PMM berpengaruh secara positif dan signifikan terhadap peningkatan efisiensi kerja guru (p-value 0,041) dan peningkatan disiplin kerja guru ( p-value 0,002); d) efisiensi kerja guru berpengaruh positif dan signifikan terhadap peningkatan kualitas kerja guru (p-value 0,000); e) disiplin kerja guru berpengaruh positif dan signifikan terhadap peningkatan kualitas kerja guru (p-value 0,001); f) kemudahan dan kecepatan dalam penggunaan PMM berpengaruh secara tidak langsung terhadap peningkatan kualitas hasil kerja guru ( p-value 0,010). Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa pemanfaatan inovasi TIK berbasis PMM berpengaruh positif dan signifikan terhadap kinerja guru SD kelas I dan IV Kecamatan Moyo Hilir.