ANALISIS STRATEGI PENGEMBANGAN UMKM JAMU HERBAL MENGGUNAKAN ANALISIS SWOT DAN AHP (STUDI KASUS : UMKM AIDA BALE REMPAH DAN JAMU IBUNUR)
Kata Kunci:
Jamu Strategi pengembangan SWOT AHPAbstrak
Jamu herbal adalah salah satu produk UMKM yang ada di Kecamatan Sumbawa, dimana sebagian besar bahan bakunya diperoleh dari daerah tersebut sehingga cukup potensial untuk dikembangkan. Tujuan penelitian ini adalah mendapatkan strategi dan menentukan prioritas strategi dalam pengembangan UMKM di Kecamatan Sumbawa. Metode analisis yang digunakan adalah analisis SWOT (Strenghts, Weaknesses, Opportunities, Threats) dan Analytical Hierarchy Process (AHP) untuk mendapatkan prioritas strategi. Berdasarkan hasil penelitian diperoleh bahwa posisi UMKM Jamu Herbal berada pada kuadrat I yakni dalam kondisi mendukung kebijakan pertumbuhan yang agresif (strategi berorientasi pertumbuhan). Selanjutnya alternatif strategi yang memiliki prioritas tertinggi berdasarkan AHP adalah Mempertahankan produk yang sudah ada agar tetap memberikan keunggulan.