PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN THINK TALK WRITE (TTW) TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS SISWA PADA MATA PELAJARAN MATEMATIKA KELAS VIII SMPN 1 MOYO UTARA

-

Penulis

  • riska trismawaty -
  • Yossy Dwi Erliana Program Studi Psikologi, Fakultas Psikologi dan Humaniora, Universitas Teknologi Sumbawa

Abstrak

ABSTRAK

Penelitian dengan menggunakan model pembelajaran Think Talk Write (TTW) bertujuan untuk mengetahui tingkat kemampuan berpikir kritis siswa. Penelitian ini mampu menjadi solusi untuk mengembangkan potensi belajar siswa dalam berpikir kritis Pada mata pelajaran Matematika.Penelitian ini menggunakan rancangan pre-eksperimen dengan desain penelitian one group pretest-postest. Sampel dalam penelitian ini berjumlah 7 siswa kelas VIII-3 SMPN 1 Moyo Utara. Instrumen Penelitian adalah Tes kemampuan berpikir kritis dan lembar observasi. Teknik analisis data yang digunakan uji Wilcoxon non parametrik dengan hasil menunjukkan nilai sig. 0,016 < 0,05 sehingga dapat disimpulkan bahwa Ho ditolak Ha diterima yang menandakan bahwa “Terdapat pengaruh Model Pembelajaran Think Talk Write (TTW) Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Pada Mata Pelajaran Matematika SMPN 1 Moyo Utara.

Kata Kunci; Think Talk Write;Berpikir Kritis.

Unduhan

Diterbitkan

2023-08-04

Cara Mengutip

trismawaty, riska, & Dwi Erliana, Y. (2023). PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN THINK TALK WRITE (TTW) TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS SISWA PADA MATA PELAJARAN MATEMATIKA KELAS VIII SMPN 1 MOYO UTARA : -. Student Conference, 1(6), 187–195. Diambil dari https://conference.uts.ac.id/index.php/Student/article/view/710
Loading...