PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN THINK TALK WRITE (TTW) TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS SISWA PADA MATA PELAJARAN MATEMATIKA KELAS VIII SMPN 1 MOYO UTARA
-
Abstrak
ABSTRAK
Penelitian dengan menggunakan model pembelajaran Think Talk Write (TTW) bertujuan untuk mengetahui tingkat kemampuan berpikir kritis siswa. Penelitian ini mampu menjadi solusi untuk mengembangkan potensi belajar siswa dalam berpikir kritis Pada mata pelajaran Matematika.Penelitian ini menggunakan rancangan pre-eksperimen dengan desain penelitian one group pretest-postest. Sampel dalam penelitian ini berjumlah 7 siswa kelas VIII-3 SMPN 1 Moyo Utara. Instrumen Penelitian adalah Tes kemampuan berpikir kritis dan lembar observasi. Teknik analisis data yang digunakan uji Wilcoxon non parametrik dengan hasil menunjukkan nilai sig. 0,016 < 0,05 sehingga dapat disimpulkan bahwa Ho ditolak Ha diterima yang menandakan bahwa “Terdapat pengaruh Model Pembelajaran Think Talk Write (TTW) Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Pada Mata Pelajaran Matematika SMPN 1 Moyo Utara.
Kata Kunci; Think Talk Write;Berpikir Kritis.