METODE PEMBELAJARAN TARI KREASI SELENDANG DEDARA SAMAWA BAGI SISWA TUNARUNGU SLB NEGERI 1 SUMBAWA

Penulis

  • Yussi Ambar Sari Universitas Teknologi Sumbawa
  • Ika Ruskika Universitas Teknologi Sumbawa

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk memberikan sebuah Metode Pembelajaran Tari Kreasi Selendang Dedara Samawa bagi siswa tunarungu di SLB Negeri 1 Sumbawa. Metode Penelitian yang digunakan adalah metode penelitian kualitatif dengan pendekatan deskriptif kualitatif. Tahap pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan tahapan studi pustaka, tahap studi lapangan, tahap observasi, tahap wawancara, dan tahap dokumentasi. Penelitian ini melibatkan siswa tunarungu di SLB Negeri 1 Sumbawa, sebagai objek utama dalam penelitian ini. Siswa yang terlibat dalam kegiatan penelitian terdiri dari Afifa, Nelly Aprilianti, Gita Lestari, Andita Qurrayuni, dan Meliza Adekayanti. Berdasarkan hasil penelitian maka dapat ditemukan metode pembelajaran praktek seni tari yang efektif bagi siswa tunarungu adalah metode ceramah, metode demonstrasi, metode drill, metode imam dan metode SAS. Pada proses penelitian berlangsung, lima metode pembelajaran tersebut dapat dibuktikan dengan tolak ukur hasil video pembelajaran Tari Kreasi Selendang Dedara Samawa. Dengan adanya penelitian ini dapat memotivasi siswa tunarungu yang masih mempunyai cita-cita dan berpikir kreatif, inovatif, dan dapat berekspresi dengan baik seperti anak normal lainnya. Dalam pembelajaran seni tari, dapat meningkatkan kecerdasan anak terutama yang berkebutuhan khusus agar dapat berekspresi dan kreatif dalam menjalani hidup dan juga cita-cita.

Kata Kunci : Metode Pembelajaran; Tari Kreasi Selendang Dedara Samawa; Anak Tunarungu.

Unduhan

Diterbitkan

2023-08-04

Cara Mengutip

Ambar Sari, Y., & Ruskika, I. (2023). METODE PEMBELAJARAN TARI KREASI SELENDANG DEDARA SAMAWA BAGI SISWA TUNARUNGU SLB NEGERI 1 SUMBAWA. Student Conference, 1(6), 256–268. Diambil dari https://conference.uts.ac.id/index.php/Student/article/view/387
Loading...