PENGARUH PERSEPSI TERHADAP PENERIMAAN SISTEM PELAYANAN KEMAHASISWAAN UNIVERSITAS TEKNOLOGI SUMBAWA
Kata Kunci:
Perancangan, Sistem Informasi, Pelayanan KemahasiswaanAbstrak
Penelititian ini bertujuan untuk menganalisis kebutuhan Sistem Pelayanan Kemahasiswaan
dan mengetahui pengaruh faktor yang mempengaruhi penerimaan Sistem Pelayanan
Kemahasiswaan meliputi persepsi kemduahan, persepsi kebermanfaatan dan kecukupan
informasi. Selain itu, penelitian ini juga bertujuan untuk membuat rancangan Sistem
Pelayanan Kemahasiswaan sebagai suatu sistem informasi pelayanan berdasarkan
kebutuhan mahasiswa dan Direktorat Kemahasiswaan. Metode penelitian yang digunakan pada penelitian ini adalah kuantitatif dengan pendekatan asosiatif dan deskriptif. Populasi pada penelitian ini adalah mahasiswa dan ketua program studi di Univeristas Teknologi
Sumbawa dengan data jumlah mahasiswa aktif sebanyak 4329 dan jumlah Ketua Program
Studi sebanyak 31 orang, setelah dihitung menggunakan rumus slovin didapatkan sambel
sebanyak 98. Persepsi kemudahan berpengaruh secara signifikan terhadap kebermanfaatan
Sistem Pelayanan Kemahasiswaan. Berdasarkan perhitungan hasil penelitian menjelaskan
bahwa Persepsi kemudahan berpengaruh secara signifikan terhadap kebermanfaatan Sistem
Pelayanan Kemahasiswaan, Persepsi ketercukupan informasi berpengaruh signifikan
terhadap kebermanfaatan Sistem Pelayanan Kemahasiswaan, Persepsi kebermanfaatan
berpengaruh signifikan terhadap penerimaan pada Sistem Pelayanan Kemahasiswaan
Universitas Teknologi Sumbawa yang dilihat dari nilai signifikansi yang bernilai kurang dari 0,
05. Hasil penelitian ini menunjukan pada Sistem Pelayanan Kemahasiswaan dibutuhkan
informasi tentang pelayanan Direktotrat Kemahasiswaan kepada mahasiswa. Berdasarkan penelitian ini juga diperoleh bahwa persepsi kemudahan, persepsi kebermanfaatan dan
kecukupan informasi berpengaruh terhadap penerimaan Sistem Pelayanan Kemahasiswaan.
Rancangan Sistem Pelayanan Kemahasiswaan meliputi rancangan data flow diagram, rancangan struktur web dan rancangan interface.