PENGARUH BUDAYA ORGANISASI TERHADAP KUALITAS PELAYANAN PUBLIK PADA SEKRETARIAT DEWAN PERWAKILAN RAKYAT DAERAH KABUPATEN SUMBAWA

Penulis

  • Rizky Akbar Universitas Teknologi Sumbawa
  • Ahmad Yamin Universitas Teknologi Sumbawa
  • Yudi Mulyanto Universitas Teknologi Sumbawa

Kata Kunci:

Budaya Organisasi, Kualitas Pelayanan, Mix Method

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk : (1). menganalisis budaya organisasi dan kualitas
pelayan; (2). menganalisis pengaruh budaya organisasi terhadap kualitas pelayanan
di Sekretariat Dewan Perwakilan Rakyat Daerah Kabupaten Sumbawa. Penelitian ini
merupakan penelitian deskriptif dan asosiatif dengan pendekatan kuantitatif dan
kualitatif (Mixed Method). Populasi penelitian ini adalah seluruh pegawai Sekretariat
Dewan Perwakilan Rakyat Kabupaten Sumbawa yang berjumlah 157 pegawai.
Sampel pada penelitian ini sebanyak 32 orang dengan status ASN dan 32 orang dari
masyarakat menggunakan teknik Accidental Sampling. Informan pada penelitian ini
adalah : (1). Pegawai Sekretariat Dewan Perwakilan Rakyat Kabupaten Sumbawa;
(2). Masyarakat yang sedang atau pernah menerima pelayanan. Pengumpulan data
dilakukan dengan menggunakan kuesioner dan wawancara informan. Analisis data
pada penelitian ini meliputi : (1). Regresi Linear Sederhana; (2). Pengujian Hipotesis;
(3). Uji Koefisien Determinasi; (4). Analisis Data Kualitatif. Hasil penelitian
menunjukkan untuk variabel Budaya Organisasi menunjukkan presentase sebesar
84,17% dengan kategori sangat baik, hasil tersebut diperkuat kembali berdasarkan
hasil wawancara kepada informan yang menjelaskan Budaya Organisasi di
Sekretariat Dewan Perwakilan Rakyat Daerah Kabupaten Sumbawa sudah sangat
baik, variabel Kualitas Pelayanan menunjukkan presentase sebesar 85,70% dengan
kategori sangat baik, hasil tersebut diperkuat kembali berdasarkan hasil wawancara
kepada informan yang menjelaskan bahwa kualitas pelayanan di Sekretariat Dewan
Perwakilan Rakyat Daerah Kabupaten Sumbawa sudah sangat baik. Hasil pengujian
Hipotesis diperoleh nilai t-hitung sebesar 3.248 dan nilai t-tabel 2.042, sehingga nilai
t-hitung lebih besar dari pada nilai t-tabel Hal menunjukkan bahwa budaya organisasi
berpengaruh positif dan signifikan terhadap kualitas pelayanan.

Unduhan

Diterbitkan

2023-08-07

Cara Mengutip

Akbar, R., Yamin, A., & Mulyanto, Y. (2023). PENGARUH BUDAYA ORGANISASI TERHADAP KUALITAS PELAYANAN PUBLIK PADA SEKRETARIAT DEWAN PERWAKILAN RAKYAT DAERAH KABUPATEN SUMBAWA . Prosiding Seminar Nasional Manajemen Inovasi, 6(002, August), 521–532. Diambil dari https://conference.uts.ac.id/index.php/SEMAI/article/view/828

Terbitan

Bagian

Seminar Nasional

Kategori

Artikel paling banyak dibaca berdasarkan penulis yang sama

1 2 3 4 5 > >> 
Loading...