PENGEMBANGAN PERANGKAT PEMBELAJARAN KIMIA BERBASIS PROYEK (PROJECT BASED LEARNING) UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN PROSES SAINS PESERTA DIDIK SMK NEGERI 1 TALIWANG

Penulis

  • Duwi Aprianingsih Universitas Teknologi Sumbawa
  • Hardian Reza Dharmayanda Universitas Teknologi Sumbawa
  • Ahmad Jaya Universitas Teknologi Sumbawa

Kata Kunci:

Perangkat Pembelajaran Kimia, Project Based Learning, keterampilan proses sains

Abstrak

Keterampilan proses sains merupakan hal penting yang perlu dikembangkan demi
masa depan peserta didik. Akan tetapi, hal tersebut belum terfasilitasi dengan baik dalam proses pembelajaran di kelas. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan perangkat pembelajaran kimia berbasis proyek (project based learning) yang valid, praktis, dan efektif untuk meningkatkan keterampilan proses sains peserta didik SMK. Research and Develpoment (R & D) ini mengadaptasi model 4-D yang terdiri dari define, design, develop, dan disseminate. Populasi penelitian adalah 249 peserta didik kelas X SMK Negeri 1 Taliwang dengan sampel sejumlah 24 peserta didik kelas X Teknik Pemesinan menggunakan teknik purposive sampling. Pengujian kelayakan produk menggunakan uji validasi oleh dua orang validator ahli berupa lembar validasi untuk silabus, RPP (Rencana Pelaksanaan Pembelajaran), LKPD (Lembar Kerja Peserta Didik), dan instrumen keterampilan proses sains. Hasil analisis data menunjukkan bahwa perangkat pembelajaran berada pada kategori validitas yang sangat tinggi. Pengujian kepraktisan proses pembelajaran menggunakan lembar observasi keterlaksanaan pembelajaran, angket respon guru, angket respon peserta didik. Hasil analisis data menunjukkan bahwa perangkat pembelajaran berada pada kategori praktis. Hasil analisis data menunjukkan bahwa proses pembelajaran menggunakan perangkat pembelajaran yang dikembangkan ini terbukti efektif meningkatkan keterampilan proses sains peserta didik SMK. Serta terdapat pengaruh penggunaan perangkat pembelajaran kimia berbasis proyek terhadap keterampilan proses sains. Kesimpulan pada penelitian ini adalah perangkat pembelajaran kimia berbasis proyek yang dikembangkan sangat valid, praktis, dan efektif dalam meningkatkan keterampilan proses sains peserta didik SMK.

Unduhan

Diterbitkan

2020-07-28

Cara Mengutip

Aprianingsih, D., Reza Dharmayanda, H., & Jaya, A. (2020). PENGEMBANGAN PERANGKAT PEMBELAJARAN KIMIA BERBASIS PROYEK (PROJECT BASED LEARNING) UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN PROSES SAINS PESERTA DIDIK SMK NEGERI 1 TALIWANG. Prosiding Seminar Nasional Manajemen Inovasi, 1(001, July), 59–65. Diambil dari https://conference.uts.ac.id/index.php/SEMAI/article/view/260

Terbitan

Bagian

Seminar Nasional

Kategori

Loading...