MANAJEMEN PEMBELAJARAN BERBASIS SKKNI UNTUK MENINGKATKAN PENCAPAIAN KOMPETENSI PESERTA DIDIK JURUSAN TBSM DI SMKN 1 TALIWANG KSB
Kata Kunci:
Manajemen Pembelajaran, SKKNI, Kompetensi peserta didikAbstrak
pengembangan konseptual manajemen pembelajaran berbasis SKKNI untuk meningkatkan pencapaian kompetensi peserta didik dijurusan TBSM SMKN 1 Taliwang. Model pengembangan konseptual manajemen pembelajaran menggunakan samsudi dengan tahapan pendahuluan, pengembangan dan validasi. Manajemen pembelajaran yang dimaksud adalah perencanaan pembelajaran, pelaksanaan pembelajaran, evaluasi pembelajaran dan inovasi pembelajaran. Bentuk penelitian ini adalah pengembangan dari manajemen pembelajaran sebelumnya. Penelitian ini menggunakan penelitian kualitatif dan teknik pengumpulan data menggunakan wawancara, studi dokumen dan observasi. Perencanaan pembelajaran faktual dijurusan TBSM berdasarkan KI/KD, Pelaksanaan pembelajaran faktual dijurusan TBSM menyesuaikan dengan kondisi jurusan yang masih terkendala dengan sumberdaya manusia, sarana dan prasarana pendukung pembelajaran. Evaluasi pembelajaran faktual dijurusan TBSM menyesuaikan dengan keadaan sekolah dan keadaan peserta didik. Uji kompetensi faktual dijurusan TBSM menggunakan jasa DUDI di sekitar sekolah. Perencanaan pembelajaran konseptual dijurusan berbasis SKKNI, Pelaksanaan pembelajaran konseptual berbasis SKKNI dijurusan TBSM memanfaatkan teknologi IT, mengundang guru tamu, pembelajaran berbasis teaching factory servis ringan, melaksanakan outing class tertentu, bengkel pavoritku dan membentuk kelompok wirausaha. Evaluasi pembelajaran konseptual memiliki standar dan berbasis SKKNI. Uji kompetensi konseptual diselenggarakan oleh LSP P1 SMKN 1 Taliwang dan sertifikatnya berstandar BNSP. Kendala yang dihadapi pada pelaksanaan pembelajaran berbasis SKKNI di jurusan TBSM SMKN 1 Taliwang adalah pengontrolan peserta didik.