PENGARUH KREATIVITAS MOTIVASI DAN INOVASI PESERTA DIDIK TERHADAP PEMBELAJARAN TEACHING FACTORY PADA SMK NEGERI 1 TALIWANG
Kata Kunci:
teaching factory, kreativitas, motivasi dan InovasiAbstrak
Penelitian ini bertujuan untuk: 1) Mengetahui adakah pengaruh kreativitas peserta
didik terhadap pembelajaran teaching factory. 2) Mengetahui adakah pengaruh
Motivasi peserta didik terhadap pembelajaran teaching factory. 3) Mengetahui
adakah Pengaruh Inovasi peserta didik terhadap pembelajaran teaching factory.
pada Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) Negeri 1 Taliwang.
Penelitian ini menggunakan metode dekskriftif kuantitatif. Penelitian dilakukan di SMK
Negeri 1 Taliwang pada kelas XI program studi Teknik Komputer dan Informatika
dengan jumlah sampel sebanyak 51 siswa. Teknik pengumpulan data dengan
memberi kuesioner pada responden. Dalam membuktikan dan menganalisis hal
tersebut, maka digunakan uji validitas dan reliabilitas, uji asumsi klasik, uji regresi
linier berganda serta uji f (simultan) dan uji t (parsial).
Hasil penelitian kecenderungan variabel kreativitas yaitu responden dalam kategori
tinggi (60,8%), 20 responden dalam kategori sedang (33,3%), dan tidak ada
responden dalam kategori rendah. Untuk variabel didapat bahwa 40 responden
dengan kategori tinggi (80,4%), 11 responden kategori sedang (19,6%), dan tidak
ada yang masuk dalam kategori rendah dan kecenderungan variabel Inovasi
membuktikan terdapat 33 responden dalam kategori tinggi (64,8%), 17 responden
dalam kategori sedang (33,3%), dan 1 responden dalam kategori rendah (1,9)% dari
jumlah total 51 responden.