PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN BERBASIS INTERELASI UNTUK MENINGKATKATKAN KETERAMPILAN BERBICARA DALAM PELAJARAN BAHASA INGGRIS DI SMK NEGERI 1 TALIWANG
Kata Kunci:
Model Pembelajaran, Interelasi, Keterampilan BerbicaraAbstrak
Salah satu penyebab rendahnya persentase keterserapan peserta didik lulusan SMK Negeri 1 Taliwang
dalam dunia kerja adalah tingkat keterampilan berbicara. Keterampilan berbicara menjadi hal yang
paling penting dalam proses pembelajaran. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana
proses dan pengaruh dari penerapan model pembelajaran berbasis interelasi dalam pembelajaran
Bahasa Inggris untuk meningkatkan keterampilan berbicara. Jenis penelitian yang digunakan ialah
penelitian eksperimen dengan desain one group pretest postest. Sumber data dalam penelitian yaitu
peserta didik SMK Negeri 1 taliwang dengan kompetensi keahlian Multimedia dalam melaksanakan
pembelajaran bahasa Inggris. Hasil penelitian diperoleh rata-rata keterampilan berbicara peserta didik
sebelum peneran model pembelajaran berbasis interelasi sebesar 42,78 dan sesudah penerapan model
berbasis interelasi menjadi 78,21 pada rentang skor 0 sampai 100. Hasil ini menunjukkan bahwa
terdapat pengaruh peneran model pembelajaran berbasis interlasi pada pelajaran bahasa Inggris dalam
meningkatkan keterampilan berbicara peserta didik SKM Negeri 1 Taliwang dengan kompetensi
keahlian Multimedia. Sehingga dapat disimpulkan bahwa adanya perbedaan keterampilan berbicara
peserta didik dalam pelajaran bahasa Inggris antara sebelum dan sesudah penerapan model
pembelajaran berbasis interelasi. Model pembelajaran berbasis interelasi ini diharapkan dapat
digunakan sebagai acuan pelaksanaan pembelajaran bahasa Inggris di tingkat SMK khususnya di
Kabupaten Sumbawa Barat.