PENGARUH INOVASI PELAYANAN DAERAH TERHADAP KEPUASAN WAJIB PAJAK DALAM EKSPEKTASI PENINGKATAN PAD SUMBAWA BARAT

Penulis

  • Yuyan Anggrainy Universitas Teknologi Sumbawa
  • Dedy Heriwibowo Universitas Teknologi Sumbawa
  • Syamsul Bahtiar Universitas Teknologi Sumbawa

Kata Kunci:

Inovasi Pelayanan, Kepuasan Wajib Pajak, Ekspektasi PAD

Abstrak

Penelitian ini dilakukan dilatarbelakangi adanya asumsi bahwa suatu pelayanan yang baik akan mengakibatkan kepuasan tersendiri dari pihak yang mendapatkan pelayanan sehingga akan ada dorongan bagi pihak tersebut untuk menikmati kembali pelayanan yang sama. Begitu juga dengan pemerintah kabupaten Sumbawa Barat harus melakukan inovasi pelayanan pajak agar wajib pajak merasa puas yang pada akhirnya dapat meningkatkan ekspektasi peningkatan PAD dari sektor perpajakan. Berdasarkan latar belakamng tersebut maka tujuan penelitian ini untuk mengetahui pengaruh inovasi pelayanan daerah terhadap kepuasan wajib pajak dalam ekspektasi peningkatan PAD di Kabupaten Sumbawa Barat. Penelitian ini dilakukan pada daerah Kabupaten Sumbawa Besar Provinsi NTB. Jenis penelitian ini explanatory research dengan menggunakan pendekatan kuantitatif dan penelitian survei. Instrumen penelitian yang digunakan adalah kuesioner yang disebar kepada 100 responden. Adapun responden dalam penelitian ini adalah wajib pajak yang pernah menyetor pajak di KSB NTB. Analisis data dilakukan dengan uji regresi linear. Hasil penelitian ini adalah 1) Uji hipotesis pertama menghasilkan  nilai thitung sebesar 3,04 > t tabel 1,66 sebesar 0,000 dengan signifikansi 0,003<0,05; 2) Uji hipotesis kedua menghasilkan Nilai t hitung sebesar 3,448 > t tabel 1,66 dengan signifikansi 0,001<0,05; 3) Uji hipotesis ketiga mengahsilkan nilai t hitung sebesar 6,181 > t tabel 1,66 dengan signifikansi 0,000<0,05; 4) Uji simultan menghasilkan nilai signifikansi F sebesar 0,000<0,05. Adapun kesimpulan yang dapat diambil dalam penelitian ini adalah 1) inovasi pelayanan pajak berpengaruh positif terhadap kepuasan wajib pajak, artinya semakin baik inovasi pelayanan maka kepuasan wajib pajak semakin tinggi; 2) kepuasan wajib pajak berpengaruh positis terhadap ekspektasi peningkatan PAD, semakin tinggi kepuasan konsumen maka semakin tinggi ekspektasi peningkatan PAD; 3) inovasi pelayanan berpengaruh positif terhadap ekspektasi peningkatan PAD, semakin baik inovasi pelayanan maka ekspektasi peningkatan PAD juga semakin tinggi; 4) inovasi pelayanan dan kepuasan wajib pajak secara simultan berpengaruh terhadap ekspektasi peningkatan PAD di Kabupaten Sumbawa Barat.

Unduhan

Diterbitkan

2024-01-09

Cara Mengutip

Anggrainy, Y., Heriwibowo, D., & Bahtiar, S. (2024). PENGARUH INOVASI PELAYANAN DAERAH TERHADAP KEPUASAN WAJIB PAJAK DALAM EKSPEKTASI PENINGKATAN PAD SUMBAWA BARAT . Prosiding Seminar Nasional Manajemen Inovasi, 7(001, January), 177–186. Diambil dari https://conference.uts.ac.id/index.php/SEMAI/article/view/1278

Terbitan

Bagian

Seminar Nasional

Kategori

Loading...