PENGARUH PENERAPAN ALUR BELAJAR MERDEKA TERHADAP KEMAMPUAN GURU GUGUS SATU TARANO DALAM MENERAPKAN PEMBELAJARAN BERDIFERENSIASI
Kata Kunci:
Merdeka, Kemampuan Guru, Pembelajaran BerdiferensiasiAbstrak
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh Penerapan Alur MERDEKA terhadap kompetensi guru Gugus Satu Tarano dalam merencanakan pembelajaran berdiferensiasi, melaksanakan pembelajaran berdiferensiasi, dan melakukan penilaian hasil belajar pembelajaran berdiferensiasi. Penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan bentuk One-Group Prestest-Posttest dengan Desain Eksperimen Pre-Experimental. Sampel penelitian menggunakan teknik random sampling. Data dikumpulkan menggunakan teknik observasi, angket, dan dokumentasi. Istrumen yang digunakan untuk mengetahui kemampuan guru sebelum dan setelah Alur Merdeka adalah instrumen perencanaan pembelajaran, instrument pelaksanaan pembelajaran, dan instrument penilaian hasil pembelajaran, serta angket kinerja Alur Merdeka. Data dianalisis menggunakan analisis korelasional dengan menggunakan uji T (t test) sebagai uji hipotesa. Hasil analisis data terdapat peningkatan kemampuan guru setelah penerapan Alur Merdeka. Dalam merencanakan pembelajaran meningkat sebesar 27,27 atau 43%; melaksanakan pembelajaran meningkat sebesar 31,44 atau 54,73%; dan menilai hasil belajar meningkat sebesar 26,68 atau 43,19%. Berdasarkan analisis data SPSS Statistik 23, diperoleh nilai sig. untuk pengaruh Alur Merdeka Terhadap perencanaan pembejaran adalah sebesar 0,00 < dari 0,05 dan nilai t hitung 28,455 > t table 2,13145 = 0,014; Sig. untuk pengaruh Alur Merdeka Terhadap pelaksanaan pembelajaran adalah sebesar 0,00 < dari 0,05 dan nilai t hitung 11,476 > t table 2,13145; Dan Sig. untuk pengaruh Alur Merdeka Terhadap Penilaian Hasil Belajar adalah sebesar 0,00 < dari 0,05 dan nilai t hitung 12,382 > t table 2,13145. Dari data tersebut dapat disimpulkan bahwa Ha diterima yang berarti menunjukkan bahwa Alur Belajar Merdeka berpengaruh terhadap perencanaan pembelajaran, pelaksanaan pembelajaran, dan penilaian hasil belajar Pembelajaran Berdiferensiasi.