PENGARUH KEPEMIMPINAN KEPALA SEKOLAH TERHADAP PENINGKATAN KINERJA GURU DI SD NEGERI TAHAN
Kata Kunci:
Dampak, Posisi Direktur, Manajer Umum, Peningkatan, PresentasiAbstrak
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh kepemimpinan kepala sekolah terhadap kinerja guru sekolah dasar di Negeri Tahan. Metode penelitian ini adalah pendekatan deskriptif kuantitatif dimana kuesioner mendukung penelitian dokumenter dan wawancara untuk hasil yang optimal. Tim peneliti terdiri dari guru SD Negeri Tahan. Ada 33 orang yang menjadi sampel, yaitu. 9 guru. 2 orang pengurus, 8 orang panitia dan 14 orang mahasiswa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kepemimpinan kepala sekolah berpengaruh terhadap kinerja guru SD Tahan, terlihat dari hasil subtes (uji T) diperoleh nilai T hitung sebesar 3,232 dan nilai T tabel sebesar 2,042. . dengan nilai signifikansi sebesar 0,003. dengan kriteria uji t hitung dangt; T tabel dan jika artinya danlt; 0,005 maka HO ditolak maka kepemimpinan kepala sekolah berpengaruh signifikan terhadap efektivitas guru di SD Negeri Tahan. Kemudian menghitung koefisien determinasi diketahui nilai R-square sebesar 0,252 artinya pengaruh kepemimpinan kepala sekolah terhadap kinerja guru sebesar 25,2% di SD Negeri Tahan. Artinya pengaruh kepemimpinan kepala sekolah terhadap efektivitas guru di SD Negeri Tahan kurang dari 100%. Namun dapat disarankan agar pimpinan sekolah lebih mengontrol guru ketika menyusun RPP/modul pembelajaran dan membimbing guru untuk meningkatkan kinerjanya.