EFEKTIFITAS MODEL PEMBELAJARAN SINEKTIK BERMEDIA FILM ANIMASI FABEL TERHADAP PENINGKATAN KEMAMPUAN MENULIS SISWA KELAS VII SMP NEGERI 3 SUMBAWA BESAR

Penulis

  • Rosidah Universitas Teknologi Sumbawa
  • Suparman Universitas Teknologi Sumbawa
  • Junaidi Universitas Teknologi Sumbawa

Kata Kunci:

Efektivitas, Pembelajaran Sinektik, Media Film Animasi Fabel, Kemampuan Menulis Cerita Fabel

Abstrak

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh tingkat kemampuan siswa dalam menulis teks cerita fabel masih rendah walaupun siswa telah dijelaskan materi cerita fabel. Untuk meningkatkan kemampuan menulis cerita fabel siswa diterapkan pembelajaran sinektik media film animasi fabel. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui langkah penggunaan, sejauh mana implementasi dan efektifitas model pembelajaran sinektik media film animasi fable dalam meningkatkan kemampuan menulis teks cerita siswa kelas VII. Metode penelitian yang digunakan adalah mixed method (campuran kualitatif dan kuantitaif) melalui lembar observasi aktifitas siswa dan guru dalam pembelajaran sinektik media film animasi fabel dengan sampel yang diambil 64 siswa terdiri dari masing-masing 32 siswa untuk kelas kontrol dan kelas eksperimen, angket respon siswa dengan menganalisis peningkatan kemampuan menulis siswa menggunakan uji paired sampel t test dan efektifitas model sinektik media film animasi fabel menggunakan uji NGain-Persen dengan SPSS. Berdasarkan hasil analisis uji paired sampel t test dengan signifikansi hitung (0.000) lebih kecil dari signifikansi table (0.05) menyimpulkan terjadi peningkatan kemampuan menulis cerita fabel siswa melalui pembelajaran sinektik media film animasi. Dari analisis uji Ngain-persen diperoleh hasil 56,88% kategori cukup efektif yang artinya pembelajaran sinektik media film animasi fabel efektif meningkatkan kemampuan menulis cerita fabel. Disimpulkan bahwa pembelajaran sinektik media film animasi dapat meningkatkan kemampuan menulis teks cerita fabel siswa karena tahapan pembelajaran sinektik mampu mengembangkan daya berpikir kreatif siswa serta meningkatkan hubungan kooperatif guru dan siswa dengan memberi sumbangan hampir 60% terhadap peningkatan kemampuan menulis teks cerita fabel siswa.

Unduhan

Diterbitkan

2024-01-09

Cara Mengutip

Rosidah, Suparman, & Junaidi. (2024). EFEKTIFITAS MODEL PEMBELAJARAN SINEKTIK BERMEDIA FILM ANIMASI FABEL TERHADAP PENINGKATAN KEMAMPUAN MENULIS SISWA KELAS VII SMP NEGERI 3 SUMBAWA BESAR. Prosiding Seminar Nasional Manajemen Inovasi, 7(001, January), 72–78. Diambil dari https://conference.uts.ac.id/index.php/SEMAI/article/view/1259

Terbitan

Bagian

Seminar Nasional

Kategori

Artikel paling banyak dibaca berdasarkan penulis yang sama

<< < 1 2 3 > >> 
Loading...