PENERAPAN METODE BERNYANYI DALAM PENGENALAN HURUF HIJAIYAH PADA ANAK USIA DINI DI KELOMPOK B TAMAN KANAK- KANAK NEGERI 1 EMPANG KECAMATAN EMPANG KABUPATEN SUMBAWA

Penulis

  • Suten Sumarten Universitas Teknologi Sumbawa
  • Ahmad Yamin Universitas Teknologi Sumbawa
  • Shinta Esabella Universitas Teknologi Sumbawa

Kata Kunci:

Metode Bernyanyi, Huruf Hijaiyah, Anak Usia Dini

Abstrak

Penelitian ini dilatar belakangi kurangnya dalam pengenalan huruf hijaiyah yang
disebabkan oleh pembelajaran yang monoton. Pengajar hanya menyebutkan huruf
hijaiyah saja dan tidak dilengkapi dengan penggunaan metode, sehingga anak
merasa bosan dan kurang termotivasi untuk menerapkan apa yang telah
disampaikan. Untuk mengatasi digunakan metode bernyanyi. Adapun rumusan
masalah yang peneliti ajukan yaitu : Bagaimana penerapan metode bernyanyi dalam
pengenalan huruf Hijaiyah pada Anak Usia Dini di Kelompok B Taman Kanak-Kanak
Negeri 1 Empang Kecamatan Empang Kabupaten Sumbawa? Tujuan dalam
penelitian ini untuk mengetahui tentang penerapan metode bernyanyi untuk Anak
Usia Dini di Kelompok B Taman Kanak-Kanak Negeri 1 Empang Kecamatan Empang
Kabupaten Sumbawa. Metode penelitian ini menggunakan pendekatan deskriptif
kualitatif yang melibatkan 1 orang guru sedangkan objek penelitiannya adalah
pengenalan huruf hijaiyah melelui metode bernyanyi untuk Anak Usia Dini di
Kelompok B Taman Kanak-Kanak Negeri 1 Empang Kecamatan Empang. Data
dikumpulkan melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Hasil penelitian
menunjukkan bahwa pengenalan huruf hijaiyah melalui metode bernyanyi adalah
sebagai berikut : (1)Menentukan lagu sesuai dengan tema, (2) Menggunakan nada
lagu yang mudah dipahami dikalangan peserta didik, (3) Memperkenalkan lagu
kepada peserta didik, (4) Menyanyikan lagu secara bersama-sama dengan gerak
tubuh yang sesuai. Penelitian ini menggambarkan bahwa keempat cara dalam
penerapan metode bernyanyi dalam pengenalan huruf hijaiyah pada Anak Usia Dini
dapat dijadikan salah satu alternatif dalam proses penerapan metode bernyanyi.
Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa penerapan metode bernyanyi
dalam pengenalan huruf hijaiyah dan kemampuan guru dalam mengajar meningkat
menjadi lebih baik.

Unduhan

Diterbitkan

2023-08-07

Cara Mengutip

Sumarten, S., Yamin, A., & Esabella, S. (2023). PENERAPAN METODE BERNYANYI DALAM PENGENALAN HURUF HIJAIYAH PADA ANAK USIA DINI DI KELOMPOK B TAMAN KANAK- KANAK NEGERI 1 EMPANG KECAMATAN EMPANG KABUPATEN SUMBAWA . Prosiding Seminar Nasional Manajemen Inovasi, 6(002, August), 649–654. Diambil dari https://conference.uts.ac.id/index.php/SEMAI/article/view/841

Terbitan

Bagian

Seminar Nasional

Kategori

Artikel paling banyak dibaca berdasarkan penulis yang sama

<< < 1 2 3 4 5 > >> 
Loading...