ANALISIS PENGARUH VIDEO PEMBELAJARAN TERHADAP MINAT BELAJAR SISWA DI SEKOLAH DSAR NEGRI 1 LABUAHAN SUMBAWA

Penulis

  • Desy Ariani Universitas Teknologi Sumbawa
  • Umar Universitas Teknologi Sumbawa
  • Eri Sasmita Susanto Universitas Teknologi Sumbawa

Kata Kunci:

Video Pembelajaran, Peserta didik, Digitalisasi, Minat Belajar, Prestasi Belajar

Abstrak

Dalam kontek belajar daring di masa covid-19, kualitas belajar tidak diharapkan menurun tetapi terus meningkat. Jika kualitas belajar menurun, maka dapat memberikan dampak mutu capaian belajar wawasan dan pengalamannya. Hal ini menjadi patokan jika bentuk pembelajaran yang dilakukan tidak tercapai dan tidak memberikan perubahan ke arah yang lebih baik maka kualitas dan prestasi belajar peserta didik akan menurun juga. Adapun tujuan dari penelitian adalah untuk mengetahui penerapan video pembelajaran dalam kegiatan belajar, Untuk menganalisis hipotesa video pembelajaran tematik terhadap minat peserta didik, dan sebagai alat evaluasi efektivitas pengaruh video pembelajaran tematik terhadap minat peserta didik Sekolah Dasar Negeri 1 Labuhan Sumbawa.Metodologi penelitian dalam penelitian ini pelaksanaanya menggunakan metode regresi linear berganda dan menggunakan uji parsial dalam pengolahan data. Strategi penentuan variabel durasi video terhadap minat belajar siswa variabel durasi (X1) berpengaruh secara negatif terhadap minat belajar siswa tetapi tidak signifikan. Hal ini terlihat dari nilai signifikan variabel durasi (X1) yaitu 0,906. Nilai tersebut lebih besar dari 0,05 (batas signifikansi).Pengaruh variabel kualitas video terhadap minat belajar siswa Variabel kualitas (X2) berpengaruh secara positif terhadap minat belajar siswa tetapi tidak signifikan. Hal ini dapat dibuktikan dengan nilai signifikansi variabel kualitas video (X2) yang kurang dari 0,05, yaitu 0,140. Pengaruh variabel konten terhadap minat belajar siswa dan variabel konten (X2) berpengaruh secara positif terhadap minat belajar siswa dan pengaruhnya signifikan. Hal ini ditunjukkan oleh nilai signifikansi variabel konten sebesar 0,000 atau lebih kecil dari 0,05. Sehingga dapat disarankan didapatkan dengan kemajuan teknologi maka perlu dari dini peserta didik dikenalkan pembelajaran dengan menggunakan digitalisasi video Dan penelitian ini bisa menjadi acuan Dinas

Unduhan

Diterbitkan

2023-01-21

Cara Mengutip

Ariani, D., Umar, & Susanto, E. S. (2023). ANALISIS PENGARUH VIDEO PEMBELAJARAN TERHADAP MINAT BELAJAR SISWA DI SEKOLAH DSAR NEGRI 1 LABUAHAN SUMBAWA. Prosiding Seminar Nasional Manajemen Inovasi, 5(001, January), 259–274. Diambil dari https://conference.uts.ac.id/index.php/SEMAI/article/view/365

Terbitan

Bagian

Seminar Nasional

Kategori

Artikel paling banyak dibaca berdasarkan penulis yang sama

1 2 3 > >> 
Loading...