Peningkatan Keterampilan Motorik Halus Anak dan Motivasi Belajar Anak Melalui Kegiatan Melipat Kertas (Studi Kasus di TK IT Al-Mubarok Kec. Sumbawa)

Penulis

  • Ainun Jariyah
  • Chairul Hudaya UNIVERSITAS TEKNOLOGI SUMBAWA
  • Umar UNIVERSITAS TEKNOLOGI SUMBAWA

Kata Kunci:

Skills, Fine Motoric, Motivation, Learning, children.

Abstrak

Penelitian ini membahas tentang Peningkatan Keterampilan Motorik Halus Dan Motivasi
Belajar Anak Melalui Kegiatan Melipat Kertas (Studi Kasus di Tk Islam Terpadu Al-Mubarok). Tujuan
penelitian terdiri atas; 1) untuk mengetahui upaya meningkatkan keterampilan motorik halus melalui
kegiatan melipat kertas di TK Islam Terpadu Al- Mubarok, 2) untuk mengetahui upaya meningkatkan
keterampilan motivasi belajar anak melalui kegiatan melipat kertas di TK Islam Terpadu Al- Mubarok.
Penelitian ini menggunakan metode penelitian dengan pendekatan kualitatif. Desain penelitiannya
menggunakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Penelitian dilaksanakan di TK IT Al-Mubarok pada
kelompok B yang merupakan siswa baru yang keterampilan motorik halusnya belum berkembang.
Pengumpulan data menggunakan observasi (checklist) dan dokumentasi. Teknik sampling yang
digunakan yaitu teknik non randomisasi-purposif. Dalam penggunaan teknik ini, peneliti dapat
menentukan sendiri sampel dalam penelitian berdasarkan karakteristik yang sudah ditentukan
sebelumnya oleh penetian. Karakteristik subjek yang digunakan yaitu subjek merupakan siswa baru
kelompok B di TK IT Al-Mubarok yang kurang berkembang dalam hal motorik halus dan motivasi
belajar. Data dianalisis dengan menggunakan statistic deskriptif sederhana.Hasil penelitian
menunjukkan rata-rata keterampilan motorik halus anak pada saat pratindakan sebesar 44,5 %, pada
saat siklus I sebesar 61,7 % sedangkan pada saat siklus II sebesar 81,5 %. Untuk hasil motivasi
belajar anak pada pratindakan sebesar 45,6 % dan pada saat siklus I sebesar 58,8%. Sedangkan
pada saat siklus II sebesar 84,7%. Berdasarkan hasil tersebut maka Ada perubahan yang signifikan
antara keterampilan motorik halus dan motivasi belajar siswa dalam pemberian kegiatan melipat
kertas. Hal ini membuktikan bahwa kegiatan melipat kertas dapat digunakan oleh guru PAUD
sebagai salahsatu cara untuk meningkatkan keterampilan motorik halus anak dan motivasi belajarnya
di kelas.

Unduhan

Diterbitkan

2023-01-21

Cara Mengutip

Ainun Jariyah, Hudaya, C., & Umar. (2023). Peningkatan Keterampilan Motorik Halus Anak dan Motivasi Belajar Anak Melalui Kegiatan Melipat Kertas (Studi Kasus di TK IT Al-Mubarok Kec. Sumbawa). Prosiding Seminar Nasional Manajemen Inovasi, 5(001, January), 157–166. Diambil dari https://conference.uts.ac.id/index.php/SEMAI/article/view/329

Terbitan

Bagian

Seminar Nasional

Kategori

Loading...