PENERAPAN SISTEM KEUANGAN DESA BERBASIS ONLINE (STUDI KASUS PENGELOLAAN KEUANGAN DESA MURA KECAMATAN BRANG ENE KABUPATEN SUMBAWA BARAT)

Penulis

  • Rizki Syahputra Universitas Teknologi Sumbawa
  • Ahmad Yamin Universitas Teknologi Sumbawa
  • Reza Muhammad Rizqi Universitas Teknologi Sumbawa

Kata Kunci:

Siskeudes, Pengelolaan, Keuangan Desa

Abstrak

Desa diberikan kewenangan untuk mengatur dan mengurus pemerintahannya sesuai dengan kewenangan desa dan hak asal usul adat istiadat setempat. Dalam mengatur pengelolaan keuangan desa Badan Pengawas Keuangan dan Pembangunan (BPKP) meluncurkan aplikasi Sistem Keuangan Desa (Siskeudes) yang kemudian dikembangkan oleh Pemerintah Kabupaten Sumbawa Barat berbasis online. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penerapan Sistem Keuangan Desa berbasis Online dalam
pengelolaan keuangan desa Mura Kecamatan Brang Ene Kabupaten Sumbawa Barat. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah kualitatif dengan pendekatan deskriptif. Sumber data yang digunakan yaitu data primer yang diperoleh melalui wawancara langsung dan data skunder yang diperoleh dari data input dan output Sistem Keuangan Desa (Siskeudes).
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa dalam penerapan Sistem Keuangan Desa Berbasis Online di desa Mura sudah berjalan baik dan penerapan Sistem Keuangan Desa berbasis online sangat membantu dalam meningkatkan Akuntabilitas Pengelolaan Keuangan di Desa. Hal tersebut dibuktikan dalam pengelolaan keuangan desa mulai dari perencanaan, pelaksanaan, penatausahaan dan pelaporan dan pertanggung jawaban telah dilakukan melaui Sistem keuangan Desa berbasis online dan semua tahapan pengelolaan keuangan desa telah dilaksanakan sesuai dengan aturan yang berlaku.

Unduhan

Diterbitkan

2022-02-27

Cara Mengutip

Syahputra, R., Yamin, A., & Muhammad Rizqi, R. (2022). PENERAPAN SISTEM KEUANGAN DESA BERBASIS ONLINE (STUDI KASUS PENGELOLAAN KEUANGAN DESA MURA KECAMATAN BRANG ENE KABUPATEN SUMBAWA BARAT). Prosiding Seminar Nasional Manajemen Inovasi, 2(001, January), 385–393. Diambil dari https://conference.uts.ac.id/index.php/SEMAI/article/view/254

Terbitan

Bagian

Seminar Nasional

Kategori

Artikel paling banyak dibaca berdasarkan penulis yang sama

<< < 1 2 3 4 5 > >> 
Loading...