PENGARUH PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN TEACHING FACTORY BERBASIS UNIT PRODUKSI TERHADAP MOTIVASI WIRAUSAHA SISWA AGRIBISNIS TANAMAN PANGAN DAN HORTIKULTURA SMK NEGERI 1 LENANGGUAR
Kata Kunci:
Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran, Teaching Factory, Unit Produksi, Motivasi WirausahaAbstrak
Penelitian ini membahas tentang Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran
Teaching Factory Berbasis Unit Produksi Terhadap Motivasi Wirausaha Siswa
Agribisnis Tanaman Pangan dan Hortikultura SMK Negeri 1 Lenangguar. Adapun
tujuan penelitian yaitu: 1). Untuk mendeskripsikan penerapan model pembelajaran
teaching factory berbasis unit produksi di kelas XI kompetensi keahlian ATPH di
SMKN 1 Lenangguar. 2). Untuk menganalisis pengaruh penerapan tefa siswa kelas XI
kompetensi keahlian ATPH di SMKN 1 Lenangguar. Pembelajaran tefa tujuannya
untuk melatih siswa agar mampu berwirausaha.
Penelitian ini menggunakan metode penelitian mixed method atau metode
penelitian campuran. Metode penelitian campuran adalah merupakan metode
penelitian campuran antara metode penelitian kuantitatif dan metode penelitian
kualitatif. Teknik pengumpulan data adalah observasi, wawancara dan angket atau
questioner. Teknik keabsahan data yaitu data kualitatif dan data kuantitatif melalui uji
validitas instrumen, uji reliabilitas instrumen dan uji statistik instrumen.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) Pelaksanaan pembelajaran teaching
factory sudah sesuai dengan konsep dan elemen, perlengkapan dan peralatan sudah
terpenuhi, aspek pemasaran belum maksimal 2) Pembelajaran teaching factory
berbasis unit produksi bermanfaat sebagai pengalaman dan melatih jiwa
kewirausahaan siswa.
Simpulan penelitian ini pelaksanaan pembelajaran teaching factory dalam
meningkatkan motivasi wirausaha siswa Kelas XI Program Keahlian ATPH SMK
Negeri 1 Lenangguar sudah dilaksanakan dengan baik. Saran yang dapat diberikan
hendaknya dapat dijadikan bahan evaluasi bagi pihak sekolah dalam menentukan
strategi pemasaran kedepannya.