MODEL PEMBELAJARAN DENGAN PENDEKATAN TEKNOLOGI TEPAT GUNA PADA JURUSAN REKAYASA PERANGKAT LUNAK
Kata Kunci:
Teknologi Tepat Guna, Metode Pembelajaran, KompetensiAbstrak
Penelitian ini bertujuan meningkatkan motivasi belajar dan kompetensi peserta didik. Dengan model pembelajaran yang berorientasi pada teknologi tepat guna, peserta didik diminta untuk lebih peduli dan berperan aktif terhadap isu sosial masyarakat yang terjadi, mampu mengevaluasi, berpikir lebih kreatif, dan mencipta. Pembelajaran project based learning (PJBL) yang selama ini dilakukan (model faktual) dikombinasikan dengan pendekatan teknologi tepat guna yang temanya terkait dengan isu lingkungan yang ada dan diminati, sehingga menghasilkan model pembelajaran baru (model konseptual). Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian pengembangan dengan mix method (metode gabungan). Terdapat tiga tahapan dalam penelitian ini yaitu tahapan pendahuluan, tahap pengembangan dan validasi model, dan tahap evaluasi (uji coba). Kelas yang dipilih adalah kelas XI jurusan rekayasa perangkat lunak di SMK Negeri 1 Taliwang. Subjek pada penelitian ini adalah guru produktif jurusan Rekayasa Perangkat Lunak dan kelompok kecil sejumlah 6 (enam) orang yang dipilih secara acak. Instrumen dalam penelitian ini adalah angket dan wawancara terhadap guru produktif dan 2 (dua) orang validator ahli, serta dilakukan tes terhadap peserta didik yang dipilih (pretes dan post test). Uji efektivitas model dilakukan dengan Analisis Statistik Non-Parametrik, Uji wilcoxon dan Uji Gain Score. Hasil penelitian dari hasil posttest yang dilakukan menunjukan 83% peserta didik mengalami peningkatan kompetensi dibandingkan dengan hasil pretest yang hanya 33%. Hasil nilai indeks gain menunjukan nilai 0.75 (High-g) sedangkan uji statistik non parametrik dengan uji wilcoxon dan rank test nilai Z sebesar -2.201 dengan signifikansi 0.028 (p<0.05) yang berarti uji diterima dan
efektif.